JAKARTA, Makansedap.id – Mantan Presiden Federasi Sepak Bola Spanyol atau RFEF, Luis Rubiales. dilarang terlibat dalam aktivitas sepak bola selama tiga tahun oleh FIFA. Larangan itu muncul setelah dia menghadapi kasus dugaan pelecehan seksual di Spanyol

FIFA, badan sepak bola dunia, awalnya menskors Luis Rubiales selama tiga bulan menyusul dugaan kasus ciuman tanpa persetujuan yang dia lakukan terhadap pemain sepak bola wanita Spanyol, Jenni Hermoso setelah pertandingan final Piala Dunia Wanita di Australia pada 20 Agustus 2023.

“Komite Disiplin FIFA telah melarang Luis Rubiales dari seluruh aktivitas yang berkaitan dengan sepak bola pada tingkat nasional maupun internasional selama tiga tahun, setelah terbukti melakukan pelanggaran Pasal 13 Kode Disiplin FIFA,” demikian penjelasan FIFA, seperti dikutip Reuters, Senin, 30 Oktober 2023.

Baca Juga:   Ini Alasan Cile Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U20 2025

Buntut dari keputusan tersebut, Luis Rubiales tidak dapat lagi mencalonkan diri sebagai Presiden RFEF atau Majelis Umum di bawah rezim pemilihan baru Spanyol untuk federasi olahraga yang diajukan bulan lalu oleh Dewan Olahraga Nasional atau CSD di negara itu.

Aturan CSD menyatakan, siapa pun yang telah dijatuhi hukuman oleh badan disiplin federasi atau pengadilan olahraga nasional maupun internasional, tidak memenuhi syarat.

1 2

Iklan