Waspada, Minum Alkohol dan Kopi Picu Lansia Sering Beser

Alkohol dan kopi (Foto Town & Country Magazine)

JAKARTA, Makansedap.id – Beser atau bahasa medisnya inkontinensia urine kerap dialami para lanjut usia atau lansia. Salah satu faktor penyebabnya selain penuaan adalah terlalu sering minum alkohol dan kopi.

“Tren anak muda saat ini adalah minum alcohol dan kopi di kafe. Nah hati-hati, kopi bisa menyebabkan beser nantinya,” kata Pendiri dan Inisiator GOlansia, dr Abidinsyah Siregar, DHSM, MBA, MKes di sela peluncuran popok dewasa Parenty di Jakarta, baru-baru ini.

Alkohol dan kopi, kata dr Abidinsyah, bersifat diuretic atau menarik air tubuh keluar dalam bentuk kencing. “Setelah minum kopi, tubuh akan lebih sering beser atau buang air kecil,” jelas dia.

Baca Juga:   Ini Koleksi Terbaru dari Kolaborasi Hian Tjen dan Josephine Anni

Sebagai pendiri GOlansia, dr Abidinsyah mengungkapkan di Indonesia terdapat sekitar 18 juta jiwa lansia. Jumlah ini merupakan 7,8% dari total populasi penduduk. Sebanyak 25% lansia menderita penyakit degeneratif dan hidup tergantung pada orang lain.

“Salah satu dari penyakit ini adalah inkontinensia urine atau disebut beser,” ujar dr Abidinsyah.

Sementara itu, Dokter Spesialis Urologi Siloam Hospitals ASRI, dr Kindy Aulia,SpU, menjelaskan, inkontinensia urine merupakan kondisi hilangnya kendali kandungan kemih yang menyebabkan seseorang buang air kecil atau besar tanpa memperhitungkan ketepatan waktu dan tempat.

1 2

Iklan