Utut Minta Pecatur Manfaatkan Peluang di Pertamina Indonesin GM Tournament

Foto bersama usai temu media Pertamina Indonesian GM Tournament 2024, di Artotel Gelora Senayan (Hotel Atlet Century Park), Jakarta, Senin (22/4/2024). (MS/Nonnie Rering).

JAKARTA, Makansedap.id – Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia atau PB Percasi kembali menggelar turnamen catur bertajuk Pertamina Indonesian GM Tournament 2024 di Artotel Gelora Senayan , Jakarta, 23 April hingga 1 Mei 2024. Ini menjadi kali pertama PT Pertamina (Persero) menjadi sponsor utama kegiatan catur bertaraf internasional.

Hal ini menunjukkan olahraga catur semakin menarik bagi dunia industri. “PB Percasi sangat mengapresiasi keterlibatan dunia usaha dalam turnamen-turnamen seperti ini. Karena dengan banyaknya turnamen berkelas yang kita selenggarakan, akan muncul pula pemain catur berkelas,” kata Ketua Umum PB Percasi, GM Utut Adianto di Jakarta, Senin, 22 April 2024.

GM Utut Adianto mengharapkan ke depannya tidak hanya Pertamina, tapi lebih banyak lagi dunia usaha lain yang mau mensponsori kegialan-kegiatan catur dalam berbagai kompetisi di dalam dan luar negeri.

“Turnamen ini sangat penting bagi para pecatur Indonesia. Sebab, melalui Grandmaster atau GM dan International Master atau IM,  turnamen inilah para pecatur Indonesia akan mendapat kesempatan pengalaman bertanding dengan pecatur luar negeri yang berkemampuan setara, atau bahkan di atas kemampuan mereka. Di ajang inilah mereka dapat menaikkan elo rating serta membukukan norma. Jadi, saya berharap maanfaakan peluang sebaik mungkin,” kata GM Utut Adianto.

Baca Juga:   2024, Naomi Osaka Bidik Gelar Grand Slam hingga Olimpiade Paris

Tercatat sebanyak 24 peserta terdiri atas 12 pecatur yang akan tampil di kategori GM Tournament dan 12 pecatur di kategori IM yang berasal dari 8 negara yakni Indonesia, Malaysia, Mongolia, Singapura, Australia, Vietnam, dan Filipina. Indonesia sendiri menurunkan tim dengan jumlah pecatur terbanyak, 7 pecatur terdiri atas 6 pecatur putra dan 1 pecatur putri yang tampil di kategori GM Tournament dan 7 pecatur yakni 6 putra dan 1 putri di kategori IM Tournament.

Presiden Federasi Catur Internasional (FIDE) Zona 3,3 Asia yang juga Ketua Umum PB Percasi, GM Utut Adianto merasa bangga, Indonesia selalu dapat menggelar turnamen catur bergengsi seperti ini.

1 2

Iklan