Asian Games Berakhir, Kekuatan Olahraga Menyatukan Dunia

Penutupan Asian Games 2022 (Foto hangzhou2022)

HANGZHOU, Makansedap.id – Asian Games Ke-19 terbesar dalam sejarah resmi berakhir menyusul upacara penutupan di Stadion Big Lotus di Hangzhou, China, Minggu, 8 Oktober 2023, malam. Kekuatan olahraga yang tercermin dalam Asian Games telah menyatukan dunia.

Selama lebih dari dua pekan pelaksanaan pertandingan kelas dunia, Asian Games Ke-19 itu ingin menyampaikan pesan bahwa olahraga memiliki kekuatan untuk menyatukan dunia.

Kendati olahraga adalah soal kompetisi, Asian Games selalu memiliki cara membuktikan olahraga dapat meredakan konflik, ketegangan lewat nilai-nilai persatuan, saling menghargai dan kerja sama.

Pada 2002 misalnya, untuk kali pertama dalam sejarah, Korea Utara dan Korea Selatan memiliki delegasi yang berbaris bersama di bawah bendera Korea bersatu pada upacara pembukaan di Asian Games Busan.

Baca Juga:   Indonesia Jalani Latihan Perdana di Qatar

Sebelumnya, di Jakarta dan Palembang pada 2018, kedua negara itu pernah menjalani defile di bawah bendera yang sama pada upacara pembukaan dan memiliki tim bersama di cabang bola basket putri, kano dan dayung.

Meskipun saat ini hubungan kedua negara Korea itu dalam kondisi yang berbeda dari Asian Games 2018, Hangzhou menunjukkan bagaimana persahabatan dan rasa saling menghormati menggema di arena.

Seperti ketika di arena angkat besi Xiaoshan Sport Centre Gymnasium, saat para penonton yang didominasi warga setempat memberikan dukungan kepada lifter Indonesia Nurul Akmal yang berupaya mengangkat beban dalam final kelas 87 kg putri.

1 2 3

Iklan