Tips Menjaga Kebugaran Tubuh saat Cuaca Panas

Berolahraga di tengah cuaca panas (Foto CNBC)

JAKARTA, Makansedap.id – Direktur Utama Rumah Sakit Universitas Indonesia atau RSUI, Dr dr Astuti Giantini, Sp.Pk(K), MPH membagikan sejumlah kiat untuk tetap menjaga kebugaran tubuh dengan berolahraga di kala cuaca panas seperti saat ini.

Saat ditemui dalam acara bincang-bincang bersama di kawasan Depok, Jawa Barat, Minggu, 8 Oktober 2023, Dr Astuti mengatakan, menjaga kebugaran tubuh dengan berolahraga penting dilakukan di tengah cuaca panas.

Meskipun cuaca panas di sebagian besar wilayah Indonesia, khususnya Jabodetabek sedang panas, kegiatan berolahraga tetap diperbolehkan untuk dilakukan.

“Jangan lupa untuk mengganti cairan tubuh agar tetap terhidrasi di tengah cuaca panas,” kata dokter spesialis patologi klinik tersebut.

Baca Juga:   Ingat, Penderita Penyakit Jantung Dilarang Olahraga Malam Hari

Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) tersebut menyarankan untuk selalu memperhatikan konsumsi air, baik air mineral maupun minuman berelektrolit agar tubuh tidak kekurangan cairan. Konsumsi air saat berolahraga maupun aktivitas lainnya dinilai penting, terutama cuaca panas seperti saat ini.

Selain itu, Astuti mengimbau untuk memperhatikan teknik saat berolahraga, seperti olahraga berlari agar meminimalisir risiko cedera. Terkadang, di tengah cuaca panas, seseorang dapat kehilangan fokus saat kekurangan cairan tubuh dan lupa untuk mengaplikasikan teknik berolahraga yang tepat.

“Cuma tekniknya, ya diperhatikan, mesti bagaimana, jangan sampai cedera,” kata Dr Astuti.

1 2

Iklan