Begini Cara Mencegah Anak Stunting Terhindar Obesitas

Pentingnya menjaga status gizi anak agar terhindar obesitas (Foto Medical Xpress)

JAKARTA, Makansedap.id – Ahli Gizi Masyarakat dr Tan Shot Yen mengatakan, status gizi anak perlu terus dipantau agar anak yang terlanjur stunting terhindar dari obesitas.

“Kita harus cek riwayatnya dulu, stunting kalau tidak ada masalah kelebihan berat badan, tidak ada wasting atau berat badan kurang jika dibandingkan tingginya, anak ini tidak boleh didorong terus untuk makan sehingga berat badannya melonjak menjadi obesitas,” kata dr Tan Shot Yen dalam acara Humanitarian Award oleh Yayasan 1.000 Cita Bangsa di Jakarta, Kamis, 5 Oktober 2023, malam.

Baca Juga:   Ini Alasan Djokovic Bantu Peningkatan Kualitas Pendidikan Anak

Apabila anak stunting terus didorong dengan pola makan yang berkalori, kata dr Tan Shot Yen, akan membahayakan perkembangannya. Sebab, anak akan menjadi obesitas. “Berat badannya akan meledak. Itu salah satu mimpi buruk dari stunting, yaitu obesitas,” ujar dr Tan Shot Yen.

Menurut dr Tan Shot Yen, stunting adalah kondisi yang sangat kompleks, sehingga harus ada pemahaman yang sama tentang ini. “Jadi kalau mau lihat anak stunting harus ditangani dokter, enggak boleh lagi ditangani kader atau bidan,” ucap dr Tan Shot Yen.

1 2

Iklan