Begini Perjuangan Komunitas Peduli Lingkungan Kampanye Dampak Buruk Sampah

Aksi Bersih Bajo didukung relawan lokal dan mancanegara dari berbagai komunitas peduli lingkungan di Labuan Bajo.

JAKARTA, Makansedap.id – Komunitas peduli lingkungan berkolaborasi dengan pihak-pihak terkait, termasuk swasta, menggelar edukasi tentang dampak buruk sampah.

Edukasi itu dibahas dalam Forum Group Discussion yang digelar Divers Clean Action itu mengangkat topik pentingnya kolaborasi dalam menciptakan pariwisata yang bersih dan ramah lingkungan di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, belum lama ini. Komunitas peduli lingkungan berharap masyarakat bisa mendapat pencerahan tentang dampak sampah.

Forum diskusi ini dihadiri perwakilan dari resort Ta’aktana Resort & Spa serta berbagai organisasi dan komunitas peduli lingkungan, antara lain Trash Hero Mburak dan Komodo, WWF Indonesia, Politeknik eLBajo Commodus, Komodo Water, Kole Project, Nomad Plastic, Bintari, Noa Labuan Bajo, serta Komunitas Penyelam.

Baca Juga:   Aksi Perundungan Cenderung Berniat Menyakiti Orang Lain

“Sangat penting semua stakeholders itu bekerja sama, bergandengan tangan, untuk mengatasi permasalahan sampah ini” ujar Rizal, peserta forum diskusi dari Komunitas Penyelam, perwakilan komunitas peduli lingkungan dalam keterangan resmi, Rabu, 30 Agustus 2023.

Edukasi terkait penanganan sampah bagi pelaku industri pariwisata dan masyarakat di Labuan Bajo juga sangat penting, antara lain untuk mengurangi atau menghindari penggunaan styrofoam dan plastik sekali pakai, serta pentingnya memilah, mendaur-ulang, serta membuang sampah pada tempatnya.

Septian, perwakilan dari Politeknik eLBajo Commodus, menambahkan, pada program studi Eco Wisata, menekankan tentang pentingnya mengenai CHSE dan Waste Management pada para mahasiswa yang ke depan akan menjadi pelaku industri pariwisata.

1 2

Iklan