JAKARTA, Makansedap.id – Dokter spesialis gizi klinis, dr Astrine Permata Leoni, S.Gz., M.Gz mengatakan, seseorang yang menjalani diet vegetarian dapat menurunkan risiko terkena penyakit kardiovaskular. Sebab, kelompok vegetarian tidak mengonsumsi protein hewani yang mengandung lemak.

“Dengan diet vegetarian, protein hewani lemaknya otomatis turun, konsumsi sayuran yang banyak diharapkan kebutuhan seratnya jadi bisa terpenuhi,” ucap dr Astrine, dokter spesialis gizi klinis dari Instalasi Pelayanan Gizi RSUP Nasional Dr Cipto Mangunkusumo, saat diskusi kesehatan yang diikuti secara daring di Jakarta, Senin, 2 Oktober 2023.

Baca Juga:   Pecak Nila Kafe RV, Referensi Kamus Kuliner Desa Parigi

Selain menurunkan risiko penyakit kardiovaskular atau penyakit jantung, kata dr Astrine, vegetarian bisa menjadi salah satu diet yang dilakukan dalam keseharian dengan manfaat menurunkan indeks massa tubuh dan membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Ada beberapa faktor bagi orang menjalani diet vegetarian, antara lain yaitu dorongan dari diri sendiri dan menganut kepercayaan yang mengharuskan tidak mengonsumsi protein dari hewani.

1 2

Iklan