JAKARTA, Makansedap.id – Dokter spesialis gizi klinis, dr Astrine Permata Leoni, S.Gz, M.Gz mengatakan, pelaku diet vegetarian terancam kekurangan zat besi. Sebab, zat besi yang ada di protein hewani seperti daging, ternyata tidak bisa digantikan protein nabati.

Dampak bagi orang yang sedang menjalani diet vegetarian, kata dr Astrine, adalah kekurangan zat besi. Hal ini bisa berdampak buruk yaitu, mengalami kekurangan darah atau anemia.

Meskipun zat besi bisa didapatkan dari protein nabati seperti bayam, sayuran brokoli, tetapi, nilai ketersediaan zat besi yang terkandung di dalamnya lebih rendah daripada protein hewani, sehingga bisa menyebabkan kekurangan zat besi. Pelaku diet vegetarian mesti bisa memenuhi kebutuhan zat besi.

Baca Juga:   Begini Ciri Khas Daging Tak Layak Konsumsi

“Dampaknya bisa terjadi kekurangan zat besi atau defisiensi zat besi. Kemudian kalau jangka panjangnya bisa mengalami kekurangan darah atau anemia,” ujar dr Astrine.

Selain itu, orang yang menjalankan diet vegetarian murni bisa saja mengalami kekurangan kalsium dan vitamin D karena tidak mengonsumsi produk susu, terlebih bagi orang-orang yang tinggal di daerah dengan matahari yang lebih sedikit.

1 2

Iklan