JAKARTA, Makansedap.id – Gaya hidup tidak sehat berisiko fatal, salah satunya memicu serangan jantung.

Menurut dokter spesialis jantung dan pembuluh darah Konsultan Kardiologi Intervensi Rumah Sakit Jantung Diagram Siloam Cinere, dr Sidhi Laksono Purwowiyoto, Sp.JP (K), FIHA, gaya hidup tidak sehat dipicu dari pola makan tidak sehat, kebiasaan merokok, dan mengkonsumsi minuman beralkohol.

Selain itu, faktor stres kronis juga mendukung peningkatan tekanan darah dan membuat jantung seseorang bekerja lebih keras untuk memompa darah.

“Orang yang kelebihan berat badan atau obesitas memiliki risiko lebih tinggi mengalami serangan jantung karena jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Hal ini dapat diperparah jika seseorang memiliki kondisi medis seperti diabetes, kolesterol tinggi, atau masalah kesehatan,” ujar dr Sidhi dalam keterangan resmi, Minggu, 25 Juni 2023.

Baca Juga:   Terungkap Sudah Penyebab Kanker Kepala dan Leher

Serangan jantung, kata dr Sidhi, adalah kondisi medis yang terjadi ketika aliran darah ke jantung terhenti atau terputus, biasanya karena penyumbatan pembuluh darah jantung yang disebut arteri koroner.

Hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan otot jantung dan jika tidak segera ditangani, dapat mengancam nyawa seseorang.

“Gejala serangan jantung dapat bervariasi, tetapi yang paling umum termasuk nyeri dada, sesak napas, mual, dan kelelahan yang tak terduga,” ujar dr Sidhi. (M1)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan