Wanita dengan Komplikasi Kehamilan Rawan Sakit Jantung

Ibu hamil (Foto Pregnancy After Loss Support)

JAKARTA, Makansedap.id – Penelitian mengungkapkan wanita yang mengalami komplikasi saat menjalani kehamilan cenderung memiliki risiko terkena penyakit jantung di kemudian hari.

“Penelitian sebelumnya menunjukkan wanita dengan riwayat hasil kehamilan yang buruk cenderung memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit jantung di kemudian hari. Namun, tidak diketahui seberapa besar peningkatan risiko penyakit kardiovaskular ini berpotensi diubah oleh perilaku gaya hidup sehat, ” kata penulis utama studi, Dr Frank Qian seperti dikutip laman Medical Daily, Jumat, 22 Maret 2024.

Baca Juga:   Begini Cara Puasa Ramadan untuk Turunkan Berat Badan

Para peneliti, kata Dr Frank Qian, menggunakan data dari UK Biobank dengan catatan kesehatan sekitar 500.000 orang dewasa, termasuk data dari 2.263 wanita yang sebelumnya didiagnosis mengalami hasil kehamilan yang merugikan dan 107.260 wanita yang tidak memiliki riwayat komplikasi selama kehamilan.

Studi tersebut, menurut Dr Frank Qian, memperhitungkan komplikasi kehamilan, termasuk solusio plasenta, diabetes gestasional, ukuran kecil untuk usia kehamilan, kelahiran prematur, dan gangguan hipertensi dalam kehamilan seperti preeklamsia atau hipertensi gestasional.

1 2 3

Iklan