Resep Tongseng Kambing Chef Gilang MasterChef

Tongseng Kambing (DOK YouTube Indoculinaire Hunter)

JAKARTA, Makansedap.id – Hari Raya Idul Adha identik dengan sajian khas dari daging kambing, salah satunya tongseng. Chef Gilang dari MasterChef Indonesia pun membagikan beberapa kiat sebelum memasak tongseng kambing.

“Daging kambing memiliki dua kelemahan, yaitu dagingnya alot dan bau prengus. Harus ada metode untuk meng-counter dua kelemahan itu,” kata Chef Gilang dalam keterangan resmi, Kamis, 29 Juni 2023.

Untuk menghilangkan bau prengus dari daging kambing, bisa menggunakan daun jeruk, serai, jintan, atau bahan rempah lainnya agar bau prengus pada daging tidak tercium kembali. Selain itu, masak daging dengan api kecil dan dalam waktu cukup agar daging kambing tidak alot dan empuk.

Proses Pembuatan

Proses pembuatan, kata Chef Gilang, ada beberapa tahapan. Pertama, membersihkan daging kambing hingga benar-benar bersih dan sisa darahnya hilang. Lalu, daging dipotong-potong sesuai selera.

“Kedua, siapkan bumbu halus, potong-potong lalu blender hingga halus. Setelah bumbu sudah halus, tumis bumbu ke dalam wajan atau panci cekung dengan minyak secukupnya. Tumis hingga minyak berwarna sama dengan bumbu atau uap airnya menghilang,” jelas Chef Gilang.

Ketiga, setelah bumbu ditumis, masukkan air dan santan kental secukupnya. Masukkan juga bahan rempah ke dalam panci. Setelah itu, masukkan daging kambing, aduk rata. Lalu, bumbui dengan garam, lada, dan penyedap rasa secukupnya.

Baca Juga:   Kamus Kuliner, Kebersihan Adalah Kunci dalam Memasak

Keempat, masak daging kambing selama 30 menit – 1 jam dengan api sedang. Jika airnya sudah agak menyusut, masukkan kol dan tomat serta kecap. Aduk rata. Masak sebentar hingga kol dan tomat tercampur rata bersama daging kambing. Dan, tongseng kambing ala Chef Gilang siap disajikan bersama nasi hangat. (M1)

 

Bahan:

– Daging kambing secukupnya (sekitar 500 gram)

– Tomat segar yang sudah dipotong-potong secukupnya

– Kol yang sudah dipotong-potong secukupnya

– Air secukupnya

– Santan kental secukupnya

– 1 sendok makan kecap manis

– Daun bawang secukupnya

– Penyedap rasa secukupnya

– Garam secukupnya

– Lada secukupnya

 

Bahan bumbu halus:

– 10 siung bawang merah

– 5 siung bawang putih

– 1 ruas jari jahe

– 1 ruas jempol lengkuas

– 5 buah cabai keriting

– Cabai rawit secukupnya

– 3 buah kemiri sangrai

– Minyak secukupnya

– Air secukupnya

 

Bahan rempah:

– Kayu manis secukupnya

– Jintan secukupnya

– Kapulaga secukupnya (2 -3 buah)

– Daun jeruk secukupnya

– Daun salam secukupnya

– Serai secukupnya

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan