Hindari Makanan yang Sering Dipanaskan

Hindari makanan yang sering dipanaskan (DOK SehatQ)

JAKARTA, Makansedap.id – Cara pengolahan makanan yang salah dapat berakibat fatal. Salah satunya, makanan yang sering dipanaskan dapat merusak kandungan nutrisi di dalam makanan tersebut.

“Terutama untuk makanan yang mengandung protein. Sebaiknya, olah makanan secukupnya dan khusus sayur dapat dimakan secara mentah atau dimasak sebentar. Sebab, terlalu lama mengolah makanan atau memasak sayur dapat menghilangkan nutrisi di dalamnya,” kata Dokter Spesialis Gizi Klinik dari Universitas Indonesia, dr Marya Haryono, MGizi, SpGK, FINEM dalam keterangan resmi, Rabu, 14 Juni 2023.

Kemudian, menurut dr Marya, hindari proses mengolah makanan dengan cara digoreng. Tujuannya, agar kalori minyak di dalamnya tidak masuk ke dalam tubuh.

Baca Juga:   Sedap, Presiden Amerika Serikat Santap Aneka Ratna Mutumanikam di Bali

“Kalori berlebih dapat menyebabkan tubuh berpotensi mengalami risiko kegemukan dan kolesterol tinggi. Hindari juga makan makanan tinggi gula dan garam agar risiko kesehatan lainnya dapat dicegah,” kata dr Marya.

Terakhir, kata dr Marya, adalah memperhatikan cara menyimpan makanan dan bahan bakunya. Untuk sayuran, daging, dan buah sebaiknya disimpan dalam kulkas bersuhu cukup dingin agar lebih awet. Sayur dan buah sebaiknya dikonsumsi pada hari yang sama agar tidak layu dan nutrisi penting di dalamnya tidak berkurang. (M1)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan