Beranda Kuliner Ini Resep Alami Obat Batuk dengan Ramuan Herbal
Kuliner

Ini Resep Alami Obat Batuk dengan Ramuan Herbal

Obat batuk untuk anak ternyata bisa dibuat dari resep ramuan herbal. Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) Dr (Cand) dr Inggrid Tania, M.Sim mengatakan, ramuan herbal alami, seperti sirup madu bawang jahe dan susu kunyit, menjadi pengganti obat batuk sirup.

JAKARTA, makansedap.id – Obat batuk untuk anak ternyata bisa dibuat dari resep ramuan herbal. Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) Dr (Cand) dr Inggrid Tania, M.Sim mengatakan, ramuan herbal alami, seperti sirup madu bawang jahe dan susu kunyit, menjadi pengganti obat batuk sirup.

Ramuan herbal sebagai alternatif penurun demam dan pereda batuk pilek dengan rasa tidak pahit. Sebab,  Kementerian Kesehatan merilis daftar 91 obat sirup yang diduga menyebabkan kasus gagal ginjal akut pada anak. Obat itu sebagian besar merupakan obat batuk dan paracetamol.

Karena itu, masyarakat perlu mencoba ramuan rempah herbal alami menjadi solusi. Salah satu contoh ramuan herbal penurun demam dan pereda batuk pilek, kata dr Inggrid, adalah sirup madu bawang jahe untuk anak usia 1-12 tahun. Sirup madu bawang jahe diminum dengan dosis 3 kali 5 ml sehari, sebelum atau sesudah makan.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk sirup madu bawang jahe, kata dr Inggrid, adalah, 30 ml madu murni, 1 siung bawang merah (dicincang halus), 1 siung bawang putih (dicincang halus), 10 gram jahe segar (dicincang halus), ½ buah jeruk nipis (diperas).

Proses membuatnya ada beberapa tahapan. Pertama, memasukkan cincangan bawang merah, bawang putih dan jahe ke dalam botol yang berisi madu. Lalu, memasukkan air perasan jeruk nipis. Kemudian, tutup botolnya, kocok dan mengguncang botolnya.

Baca Juga:   Aloha, Wisata Nuansa Hawaii Layak Masuk Kamus Kulliner

“Setelah itu, diamkan dalam suhu kamar selama 8 jam, sehingga mendapatkan sirup dengan konsistensi encer. Saring, tuang ke dalam botol obat yang bersih dan kering. Siap dikonsumsi dengan takaran 1 sendok teh (5ml) sekali minum. Dan, simpan dalam kulkas dan habiskan dalam waktu 2-3 hari,” ujar dr Inggrid dalam keterangan resmi, Senin, 24 Oktober 2022.

Kemudian, kata dr Inggrid, ada juga ramuan penurun demam dan pereda batuk pilek untuk bayi berusia 6 bulan-1 tahun, yaitu susu kunyit dengan dosis 3 kali sehari, sebelum atau sesudah makan.

Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah 1/8 – 1/4 sendok teh kunyit bubuk (diutamakan kunyit bubuk organik), ASI atau susu formula dengan volume yang biasa dikonsumsi.

Proses pembuatannya cukup sederhana, Pertama, menyiapkan ASI atau susu formula hangat dalam gelas. Lalu, memasukkan kunyit bubuk, kemudian aduk sampai rata hingga siap siap diminum.

Minuman herbal alami seperti sirup madu bawang jahe dan susu kunyit, menurut dr Inggrid, sangat aman untuk anak dan bayi. Sirup madu bawang jahe dan susu kunyit menjadi salah satu solusi untuk menghindari obat sirup yang belakangan ini marak lantaran muncul kasus gagal ginjal akut progresif atipikal (Acute Kidney Injury/AKI).

Sebelumnya

Duo De Ghay Ternyata Jualan Sop Buntut

Selanjutnya

Pengusaha Kuliner dari Solo Pasok Kebutuhan Makanan Tentara Mesir

makansedap.id