Ini Zat Makanan yang Tepat untuk Dongkrak Imunitas Tubuh

Salah satu bahan makanan yang tepat untuk meningkatkan imunitas ialah umbi-umbian dan jagung (Foto Cookpad.com)

JAKARTA, makansedap.id – Ketua Indonesian Sport Nutrisionist Association, Dr. Rita R,DCN, M.Kes mengajak masyarakat untuk mengenali zat makanan yang tepat guna meningkatkan imunitas dan tubuh yang sehat dalam kondisi cuaca yang tidak menentu.

“Salah satu bahan makanan yang tepat untuk meningkatkan imunitas ialah umbi-umbian dan jagung,” kata Dr Rita dalam acara daring, Senin, 19 Desember 2022.

Alasan umbi-umbian seperti ubi dan kentang, lalu jagung, baik dikonsumsi untuk meningkatkan imunitas, karena selain mengandung karbohidrat, makanan tersebut juga termasuk memiliki respon glikemik yang rendah.

Artinya, bahan makanan tersebut tidak akan membuat hormon insulin meningkat dengan signifikan dan penyerapan glukosa di dalam tubuh menjadi lebih stabil dan tidak berlebih.

Selanjutnya, bahan makanan yang perlu ditingkatkan konsumsinya agar bisa meningkatkan imunitas tubuh adalah makanan yang berserat.

Biasanya makanan berserat terdapat pada sayur seperti wortel, brokoli, asparagus, ataupun buah seperti tomat, pepaya, dan mangga.

Makanan berserat dapat meningkatkan imunitas tubuh karena membantu tumbuhnya mikrobiota atau disebut juga sebagai bakteri baik di saluran pencernaan. Bakteri baik mampu mendorong perkembangan imunitas sehingga menjadi lebih meningkat dan tubuh tidak mudah sakit.

Baca Juga:   Ini Negara Pertama dan Terakhir yang Sambut Tahun Baru

Makanan yang tinggi protein juga dianjurkan untuk meningkatkan imunitas tubuh, banyak sekali produk dengan protein tinggi seperti daging ayam, daging sapi, ikan, telur, hingga kacang hijau. Namun, kerap kali karena teknik memasak yang tidak tepat, kandungannya tidak terjaga.

Dr Rita menganjurkan, cara memasak dengan dikukus, direbus, atau ditumis sehingga protein di dalam bahan makanan mampu terserap tubuh dengan optimal dan mampu meningkatkan imunitas tubuh.

Terakhir, agar imunitas tubuh bisa meningkat maka masyarakat perlu memenuhi kebutuhan cairan harian. Cairan tidak terbatas pada air minum, melainkan juga bisa dipenuhi dengan bahan makanan lainnya yang bersifat cair seperti air kelapa, air isotonik, kuah sop berupa kaldu ayam, hingga jus buah.

Ketika kebutuhan cairan harian terpenuhi, keseimbangan cairan di dalam tubuh bisa membantu proses transportasi imun menjadi lebih optimal ke seluruh bagian tubuh.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan