JAKARTA, Makansedap.id – Olahraga pencak silat kian populer. Pencak silat kini mulai berkembang di Uzbekistan. Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia atau Menpora Dito Ariotedjo pun mendukung pengembangan olahraga pencak silat di Uzbekistan.

Dalam keterangan resmi yang dibaca Makansedap.id, Jumat, 8 Desember 2023, Dito Ariotedjo menerima audiensi Duta Besar RI untuk Uzbekistan, Sunaryo Kartadinata, terkait pengembangan pencak silat di Uzbekistan.

“Tentu bagus mengetahui potensi besar pencak silat di Uzbekistan. Nanti pencak silat di Uzbekistan juga akan kami jadikan prioritas,” tutur Dito Ariotedjo.

Menurut Dito Ariotedjo, Pemerintah tentu mengharapkan adanya peningkatan olahraga, termasuk pencak silat yang merupakan bela diri asli Indonesia. Dalam pengembangan olahraga ini di jagat internasional, tentunya membutuhkan serangkaian upaya dan diplomasi yang perlu dilakukan.

Baca Juga:   Hadapi Uzbekistan, Lini Depan Timnas U24 Harus Diperbaiki

Menurut Sunaryo Kartadinata, pencak silat mengalami perkembangan pesat, bukan hanya di Uzbekistan, melainkan juga di negara-negara Asia Tengah lainnya.

“Di Asia Tengah tercatat sudah ada 15 ribu orang anggota pencak silat, dengan 200 orang pelatih. Pelatihnya bukan lagi hanya dari Indonesia, melainkan juga sudah ada pelatih dari negaranya sendiri,” kata Sunaryo Kartadinata yang juga menjabat duta besar untuk Kirgistan.

1 2

Iklan