JAKARTA, Makansedap.id – Perawat dari Rumah Sakit Umum Pusat Nasional dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta, Ita Octavia Astuti, S.Kep menyarankan penderita diabetes untuk memperhatikan kondisi kaki selama menunaikan ibadah haji.

“Kondisi kaki termasuk satu hal yang harus diperhatikan penyandang diabetes saat menjalani perjalanan ibadah haji. Karena, sebagai perawat tidak jarang kami temui pasien diabetes ini sepulang ibadah kakinya melepuh, luka, dan sebagainya. Padahal ini bisa dicegah,” kata Ita Octavia Astuti di sela webinar yang diikuti dari Jakarta, Sabtu, 11 Mei 2024.

Ita Octavia Astuti menyarankan, pasien diabetes memperhatikan kondisi kaki dalam perjalanan menuju ke Arab Saudi, selama beribadah di Kota Makkah dan Madinah, hingga dalam perjalanan pulang kembali ke Tanah Air.

Baca Juga:   Ranie Klees Pandai Masak Lontong Sayur

Saat berada di pesawat dalam perjalanan menuju ke maupun kembali dari Tanah Suci, Ita Octavia Astuti mengatakan, pasien diabetes sebaiknya melakukan peregangan otot paling tidak dua jam sekali agar peredaran darah tetap lancar.

“Kalau bisa setiap dua jam stretching. Sebab, duduk dalam waktu yang lama, kaki menggantung dan statis di pesawat. Ini bisa dilengkapi juga dengan senam kaki yang bisa dicari di internet ya, itu bisa dilakukan di pesawat agar peredaran darahnya tetap lancar,” kata Ita Octavia Astuti.

1 2 3

Iklan