Persiapan Kampung Kuliner, Warga Belajar Masak Pepes

Warga Desa Serangan belajar memasak ikan pepes (Foto Antaranews.com)

DENPASAR, Makansedap.id – Sebanyak 200 warga Desa Serangan, Denpasar, Bali, belajar memasak pepes, ikan bakar, sup hingga olahan rumput untuk persiapan dibangunnya Kampung Kuliner Seafood, referensi kamus kuliner.

Serangan adalah desa peraih Peringkat III Nasional ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023. Kini, warga dituntut untuk belajar memasak pepes, salah satu referensi kamus kuliner.

Ketua panitia yang juga menjabat sebagai Ketua Bidang Pengembangan Sumber Daya Pariwisata dan Ekraf Dinas Pariwisata Kota Denpasar, I Wayan Hendaryana di Denpasar, mengatakan, peserta pelatihan belajar memasak dibagi dalam dua sesi. Setiap sesi jumlah peserta yang ikut sebanyak 100 orang. Keseriusan warga belajar memasak merupakan wujud kepedulian mereka agar pepes Desa Serangan menjadi referensi kamus kuliner.

“Ini kegiatan untuk persiapan dibangunnya Kampung Kuliner Seafood pada 2024. Target kami bisa menjadi kampung kuliner terbaik nasional,” ujar I Wayan Hendaryana dalam keterangan pers yang dibaca Makansedap.id, Senin, 18 Desember 2023.

Baca Juga:   Simak Tiga Menu Andalan The Kaibon

Acara pelatihan belajar memasak digelar di Dinas Pariwisata Kota Denpasar bekerja sama dengan Lembaga Penjamin Simpanan atau LPS dan Institut Pariwisata dan Bisnis atau IPBI Internasional yang digelar di Kampus IPBI Denpasar.

Sementara itu, Kepala Kantor Persiapan PRP dan Hubungan Lembaga LPS, Hermawan Setyo Wibowo mengatakan selama ini kuliner seafood atau makanan laut di Desa Serangan sangat dikenal oleh masyarakat. Makanan laut Desa Serangan menjadi referensi kamus kuliner.

Namun, belum banyak dikenal wisatawan sehingga perlu dilakukan pengembangan yang lebih serius. Karena itu, program CSR ini akan digelar berkelanjutan dan akan diberikan pendampingan.

1 2

Iklan