IAS Group Jalin Kordinasi dan Kolaborasi dengan Seluruh Stakeholder

IAS Group Jalin Kordinasi dan Kolaborasi dengan Seluruh Stakeholder

Direktur Utama IAS, Dendi Danianto saat berbicara pada sesi temu media di APSpace Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Rabu (19/3/2025).-MS/IAS Group-IAS Group

TANGERANG, Makansedap.id - Jelang Hari Raya Idul Fitri 2025, InJourney Aviation Services (IAS) selaku sub-holding dari InJourney, menggelar pembukaan Posko Gabungan Nasional atau Posgabnas IAS Group.

Kegiatan ini diselenggarakan di APSpace, Soekarno-Hatta Airport Terminal 3 Domestik, TANGERANG, Rabu, 19 Maret 2025, dihadiri Kepala Otoritas Bandar Udara Wilayah I Soekarno Hatta, Direksi PT Aviasi Pariwisata Indonesia, Direksi PT Angkasa Pura Indonesia, Direksi IAS Group, Direksi PT Garuda Indonesia, Direksi PT Citilink Indonesia, dan Direksi PT Pelita Air Service.

Posgabnas IAS Group dimulai pada 20 Maret  hingga 8 April 2025 secara serentak di bandara regional 1 (KNO), bandara regional 2 (CGK), bandara regional 3 (DPS), dan bandara regional 4 (UPG).

Posgabnas dibentuk dalam rangka mensinergikan dan mengkolaborasikan entitas yang ada di dalam IAS Group agar dapat meningkatkan layanan kepada pengguna Jasa Bandara dan Airlines.

BACA JUGA:Chicken Premium Series, Kolaborasi Epik Yummy Choice Indomaret dan Japfa Food

Fungsi utama pembentukan Posgabnas adalah pemantauan kondisi pelayanan di setiap bandara secara real time, termasuk lalu lintas udara, pemrosesan penumpang, bagasi, kargo, dan fasilitas bandara lain melalui data center tools berbasis digital seperti Manajemen Operasi Traffic (MOT), Cargo Integrated System (CIS), Gapura Integrated System (GIS), dan Baggage Delivery Time (BDT) serta berfungsi sebagai pusat komunikasi krisis apabila terjadi situasi darurat atau krisis dan memantau feedback dari customer melalui saluran keluhan pelanggan yang ditempatkan di setiap titik layanan.

Selain pembukaan Posgabnas IAS Group, IAS juga melakukan konferensi pers guna memberikan informasi terkait kesiapan layanan IAS Group dan dukungan InJourney terhadap layanan menjelang Hari Raya Idul Fitri 2025 untuk memastikan pelayanan terbaik di seluruh bandara yang dikelolanya serta mengantisipasi lonjakan  jumlah penumpang serta memastikan kenyamanan dan keamanan perjalanan udara bagi masyarakat.

Direktur Utama IAS, Dendi Danianto menyatakan, untuk mengantisipasi potensi lonjakan penumpang selama periode Idul Fitri 2025, pihaknya telah mempersiapkan kualitas layanan dan customer experience yang melebihi harapan melalui inisiatif traffic monitoring, stakeholder collaboration, dan proactive action di seluruh bandara di Indonesia.

“IAS juga menghadirkan berbagai rangkaian dan program promo diskon special di seluruh layanan yang dikelola IAS Group yang terdiri atas Pax Concierge melalui layanan pelanggan Joumpa, layanan lounge di bandara Concordia dan Saphire, dan layanan baggage service bernama It’s a Wrap. Selain itu para pelanggan mendapatkan keistimewaan sambutan saat mengunjungi berbagai layanan IAS Group di seluruh bandara yang dikelola InJourney Airport. Mulai dari beragam activation, welcoming letter, special gift juga para petugas frontliner yang menggunakan baju atau aksesoris Ramadan akan menyambut dan menyapa para pelanggan dengan hangat.” tutup Dendi Danianto.

BACA JUGA:Resep Ayam Madu Mentega Versi Andini Putri Pribadini

Sementara itu, Direktur Integrasi dan Portfolio IAS, Danny P Thaharsyah menyatakan, fokus dalam Customer Journey menjadi salah satu framework pihaknya dalam mengembangkan dan stimulus sektor aviasi dan pariwisata.

"Tak hanya output dan kesiapan fasilitas bandara, tapi juga bagaimana kita melayani pelanggan. Baik dari sisi kebersihan, five sense dan kenyamanan. Inilah bagian dari journey dalam menjalankan customer experience kita”, ucap dia.

“InJourney tengah melakukan perbaikan-perbaikan dari sisi fasilitas, proses, dan SDM di bandara. Melalui IAS, InJourney memastikan bahwa kesiapan petugas selama melayani penumpang selama periode Idul Fitri 2025 dapat terus berjalan dengan
optimal,” kata dia.

Dalam kesempatan itu, Kepala Otoritas Bandar Udara Wilayah I Soekarno Hatta, Putu Eka Cahyadi menyatakan, pihaknya telah menjalin koordinasi dan kolaborasi yang baik dengan seluruh stakeholder untuk mempersiapkan dalam menghadapi peak season Idul Fitri 2025 dengan melakukan kegiatan pengawasan dan pengendalian terkait dengan pemenuhan aspek sarana dan prasarana, SDM, prosedur di masing-masing stakeholder yang melakukan dan memberikan dukungan kegiatan penerbangan.

BACA JUGA:Ini Resep Praktis Sahur dan Iftar Rumahan saat Ramadan

“Pengawasan dan pengendalian tersebut berupa ramp inspection atau ramp check pesawat udara, pengawasan tarif angkutan udara, pengawasan keamanan penerbangan, pengawasan navigasi penerbangan dan pengawasan bandar udara, dimana seluruhnya telah dinyatakan siap untuk menyambut periode peak season Hari Raya Idul Fitri 2025”, tutupnya.

PT Integrasi Aviasi Solusi atau InJourney Aviation Services (IAS) merupakan sub holding dari PT Aviasi Pariwisata Indonesia atau InJourney. InJourney Aviation Services resmi dibentuk pada 4 Januari 2024.

InJourney Aviation Services merupakan konsolidasi sembilan anak usaha dibawah AP 1, APII dan Garuda yang fokus pada seluruh kegiatan yang berkaitan dengan layanan bandara and kargo. Lima portfolio bisnis utama IAS yaitu Cargo & Logistics, Ground Handling, Hospitality, Operations Support, dan Property dengan memberikan 15 layanan penerbangan dan logistik yang kompeten dan kompetitif.  Visi IAS menjadi penyedia jasa layanan aviasi dan logistik & kargo yang profesional dan kompeten di Indonesia dan regional.