PADANG, makansedap.id – Siapa yang tidak tahu rendang, makanan khas Padang, Sumatra Barat (Sumbar). Rendang memiliki ciri khas tekstur daging yang kering, berwarna cokelat gelap, dan beraroma kuat.

Warna dan tekstur rendang tersebut didapat dari proses memasak yang lama menggunakan api kecil. Rendang dibuat dari daging yang dimasak bersama rempah dan santan.

Sejak enam tahun terakhir, rendang di Sumbar tidak hanya dipandang sebagai kuliner khas daerah. Menu wajib dalam pesta-pesta adat dan kenduri. Rendang telah menjadi simbol empati masyarakat Sumbar terhadap korban bencana besar di berbagai daerah di Indonesia.

Gubernur Sumbar H. Mahyeldi Ansharullah, S.P mengatakan, kebiasaan masyarakat Sumbar mengirimkan rendang untuk membantu korban bencana sudah dimulai sejak 2016, saat membantu korban bencana di Aceh. Sejak itu, setiap kali ada bencana besar, Sumbar berupaya untuk mengirimkan bantuan rendang.

Gubernur Sumbar pun turun langsung mengantarkan rendang tersebut. Sebanyak 1,3 ton rendang diserahkan kepada Bupati Cianjur, Erman Suherman untuk disalurkan kepada masyarakat korban gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat.

“Rendang yang dibawa dengan kargo udara itu masih sebagian dari rendang yang terkumpul. Karena situasi yang dinilai mendesak, sebagian rendang yang telah terkumpul dikirim secepatnya ke lokasi bencana. Sebagian lainnya akan dikirim lewat jalur darat,” jelas Gubernur Sumbar dalam keterangan resmi, Sabtu, 26 November 2022.

Baca Juga:   Ini Cara Menjaga Kerukunan lewat Festival Kuliner Multietnis

Masyarakat Sumbar sangat peka terhadap penderitaan dari saudara-saudara sebangsa yang juga terkena bencana di berbagai daerah di Indonesia, termasuk gempa di Cianjur.

Mereka paham logistik adalah hal yang paling dibutuhkan oleh korban dan masyarakat terdampak bencana terutama di pengungsian. Jika mengungsi satu atau dua hari, nasi putih dan mie instan memang cukup untuk mengganjal perut. Namun, jika pengungsian berlarut menjadi berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan, dibutuhkan bahan makanan yang bergizi dan tahan lama.

Karena itu, rendang menjadi pilihan untuk menyimbolkan empati masyarakat Sumbar. Rendang yang berbahan dasar daging dinilai mampu memberikan asupan protein yang cukup bagi korban gempa. Apalagi, ketahanan kuliner khas Minangkabau itu bisa mencapai satu bulan lebih tanpa menjadi basi, sehingga memenuhi persyaratan sebagai logistik bencana.

Komentar

2 Komentar
  1. Hi! Do you know if they make any plugins to assist
    with Search Engine Optimization? I’m trying to
    get my blog to rank for some targeted keywords but I’m not seeing
    very good gains. If you know of any please share.

    Many thanks! You can read similar art here:
    Sklep internetowy

  2. Hey! Do you know if they make any plugins to assist
    with SEO? I’m trying to get my website to rank for some targeted keywords
    but I’m not seeing very good results. If you know of
    any please share. Many thanks! I saw similar text here: Scrapebox List

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan