DHARMASRAYA, Makansedap.id – Tradisi manjalang mintuo atau mengunjungi mertua oleh menantu perempuan masih bertahan dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan di Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat.

Manjalang mintuo, yaitu tradisi menantu perempuan membawa rantang berisi masakan berupa rendang, kalio ayam, ikan goreng, sambal, kue, dan berbagai macam kuliner tradisional lainnya.

Ketua Kerapatan Adat Nagari atau KAN Sikabau, Kecamatan Pulau Punjung, Jamhur Dt Jati, di Pulau Punjung, Minggu, 10 Maret 2024, menerangkan selain menyambut Bulan Suci Ramadan manjalang mintuo juga dilakukan saat  Hari Raya Idul Fitri.

Jamhur Dt Jati berharap tradisi manjalang mintuo bertahan di tengah kehidupan masyarakat khususnya Minangkabau. Sebab, mengunjungi dan bersilaturahmi dengan orang tua yang masih hidup merupakan suatu keharusan yang tidak boleh ditinggalkan.

Baca Juga:   Sejarawan Ungkap Cara Melestarikan Makanan Tradisional

“Kunjungilah kedua orang tua selagi mereka masih hidup. Tanpa makanan yang dibawa, tetaplah datang dan bersilaturahmi dengan orang tua, sesuai tradisi manjalang mintuo,” kata Jamhur Dt Jati dalam keterangan yang dibaca Makansedap.id, Senin, 11 Maret 2024.

“Saat ini masih banyak masyarakat yang melaksanakan tradisi manjalang mintuo sebagai bentuk penghormatan antara menantu dan mertua,” kata Jamhur Dt Jati.

1 2

Iklan