JAKARTA, Makansedap.id – Karakter rasa Gluten Free Cake yang lembut dan mudah lenyap saat masuk mulut membuat orang ketagihan untuk selalu mencicipinya.

Gluten Free Cake adalah jenis chiffon cake atau bolu sifon dengan tekstur yang lembut. Jadi saat dimakan langsung ngimpes saat masuk mulut. Bolu ini sangat light, ringan,” jelas Apriani, pemilik usaha cake Bakul Kue, saat dihubungi Makansedap.id, Sabtu, 24 Juni 2023.

Kue ini dinamakan Gluten Free Cake karena menggunakan bahan dasar tepung yang bebas gluten sehingga aman dikonsumsi oleh mereka yang intoleran terhadap gluten atau protein yang terkandung dalam gandum.

Gluten Free Cake, kata Apriani, adalah tren makanan bebas gluten mulai berkembang dari Eropa, Amerika Serikat, dan sebagian di wilayah Asia.

“Sebab, masyarakat semakin memperhatikan kesehatan,” jelas Apriani.

Harga satu Gluten Free Cake, kata Apriani, dibanderol dengan harga mulai Rp 150 ribu. “Saya masih menjual melalui toko online saja. Gluten Free Cake termasuk menu favorit yang disukai,” ujar Apriani.

Proses Pembuatan

Menurut Apriani, proses pembuatan Gluten Free Cake cukup mudah. Tahap pertama adalah pembuatan adonan cokelat. Langkah pertama, mencampur cokelat bubuk dan susu panas. Lalu, aduk hingga tercampur rata. Kemudian, memisahkan kuning dan putih telur dalam wadah terpisah. Kocok kuning telur dengan whisk atau dikocok lepas. Campurkan minyak ke dalam kocokan telur, aduk rata. Selanjutnya, memasukkan larutan coklat dan diaduk rata. Masukkan tepung maizena, sambil diayak, kemudian diaduk rata.

Baca Juga:   Cegah Hipertensi, Kurangi Konsumsi Garam

Tahap kedua, membuat adonan meringue. Langkah awalnya mengocok putih telur, garam dan perasan jeruk lemon dengan mixer, sampai berbuih. Selanjutnya, memasukkan gula secara bertahap, yaitu dibagi menjadi tiga tahap. Kocok putih telur sampai mengembang dan kaku.

Selanjutnya, memasuki tahap tahap penyelesaian. Ambil kurang lebih 1/3 adonan putih telur dan masukkan ke dalam adonan cokelat. Aduk rata dengan cara diaduk lipat, sampai tercampur rata. Setelah tercampur rata, tuang kembali adonan cokelat ke dalam sisa adonan putih telur, aduk lipat sampai tercampur rata.

“Jangan mengaduk secara berlebihan, hentikan pengadukan jika sudah tidak terlihat adonan putih telur. Lalu, masukkan adonan ke dalam Loyang chiffon cake. Lalu, hentakkan loyang agar gelembung udara yang terperangkap bisa keluar,” jelas Apriani.

Tahap selanjutnya, panggang dengan suhu 170 derajat Celcius selama 40-45 menit. “Lalu, tes tusuk, jika sudah tidak ada adonan yang menempel pada tusukan, keluarkan cake dari oven. Hentakkan cetakan, kemudian didinginkan cake dengan posisi cetakan terbalik. Jika sudah benar-benar dingin, keluarkan cake dari cetakan. Siap dihias sesuai selera,” papar Apriani. Proses pemesanan Gluten Free Cake bisa menghubungi Apriani melalui 0818-714-719. (M1)

 

Bahan

– 3 butir telur

– 20 gram cokelat bubuk

– 50 gram susu panas

– 30 mililiter minyak

– 40 gram tepung maizena

– 60 gram gula

– Sejumput garam

– 1 sendok teh air perasan lemon/jeruk nipis

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan