JAKARTA, Makansedap.id – Pakar gizi menilai sarapan dengan menu gizi seimbang merupakan waktu makan paling penting bagi anak-anak untuk dapat menjalani hari dengan optimal.

“Sarapan yang baik terdiri atas karbohidrat yang bisa didapatkan dari nasi, roti, umbi-umbian. Lalu, lemak baik misalnya menggunakan margarin untuk menumis, menggoreng atau dioleskan ke roti,” kata Dokter Spesialis Gizi Klinik dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dr Cindiawaty Pudjiadi, MARS, MS, SpGK, di Jakarta, Rabu, 15 Februari 2023.

Sarapan harus dengan menu gizi seimbang, yaitu mengandung protein nabati dan hewani, misalnya, tempe, telur, ayam, ikan dan daging adalah penting. Selain itu, sarapan dengan sayur dan buah yang mengandung banyak vitamin juga memberikan manfaat gizi yang baik bagi anak-anak.

“Selain itu, kandungan Omega 3 dan 6 juga diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan sel saraf otak dan kualitas jantung,” kata dr Cindiawaty.

Sejalan dengan hal tersebut, Presiden Direktur Upfield Indonesia, Dicky Saelan, mengatakan pihaknya berkomitmen mengedukasi pentingnya sarapan sehat dan seimbang ke 350.000 anak Indonesia melalui program Sarapan Berisi dan meluncurkan game edukasi Breakfast Squad.

“Pada pekan Sarapan Nasional tahun ini kami ingin mengajak dan menginspirasi anak-anak Indonesia untuk memahami pentingnya sarapan sehat dengan gizi yang seimbang salah satunya dengan meluncurkan game edukasi daring,” kata Dicky.

Baca Juga:   Legally Blonde, Drama Musikal Ikonik Sarat Inspirasi

Dicky menjelaskan, Breakfast Squad dapat membentuk kebiasaan baru untuk sarapan pagi yang baik bagi anak-anak melalui berbagai macam pilihan permainan. Menurut dia, game edukasi  tersebut dirancang agar dapat membantu anak-anak memahami pentingnya sarapan sehat dan seimbang dengan konsep menghibur.

“Anak-anak dan orang tua diajak untuk memahami kandungan gizi apa saja yang penting dalam menu sarapan, termasuk karbohidrat, protein, vitamin, lemak baik seperti¬† Omega 3 dan 6 yang bagus untuk tumbuh kembang anak,” kata Dicky.

Kampanye Sarapan Berisi merupakan bagian strategi Healthier Lives perusahaan tersebut yang bertujuan mengenalkan manfaat penting sarapan sehat dengan gizi seimbang agar generasi mendatang Indonesia dapat tumbuh sehat dan bahagia. (M1)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan