JAKARTA, Makansedap.id – Pertunjukan Janji Soekma Langgam Gambang Kehidupan adalah kelanjutan kisah atau sekuel dari pertunjukan Soekma Djaja yang telah ditampilkan di Gedung Kesenian Jakarta, 2013 lalu. Demikian sinopsis Janji Soekma Langgam Gambang Kehidupan yang menceritakan tentang sejarah gambang kromong.

Menggunakan lagu tema bertajuk Selaras dari Kunto Aji, Janji Soekma Langgam Gambang Kehidupan, sekuel dari Soekma Djaja ini mengisahkan tentang Lia, generasi termuda di keluarga seniman Soekma Djaja. Dia berjuang memenuhi janji pada almarhum ayah angkatnya, Maman Djaja untuk menghidupi warisan leluhur Gambang Kromong Soekma Djaja.

Namun, rencana dan strategi yang telah dirancang terhalang situasi berbahaya akibat seorang personel terlibat utang pinjaman online ilegal. Dalam Janji Soekma Langgam Gambang Kehidupan, Lia harus memutuskan antara menjaga gambang kromong dan menjualnya demi keselamatan semua orang.

Baca Juga:   Boy Band Korea Dukung Pelestarian Budaya Kota Solo

“Selain mengangkat dan menghidupkan keunikan dari orkestra khas Betawi, gambang kromong, kisah Janji Soekma Langgam Gambang Kehidupan menggambarkan bagaimana seniman muda yang memiliki kepedulian tinggi terhadap budaya harus berjuang dan melakukan pengorbanan untuk tetap melestarikan kebudayaan pasca pandemi,” ujar Wawan Sofwan, sutradara pertunjukan Janji Soekma Langgam Gambang Kehidupan dalam keterangan resmi, Kamis, 5 Oktober 2023.

Pementasan Janji Soekma Langgam Gambang Kehidupan, kata Wawan Sofwan, juga menjadi sebuah refleksi nyata dari perjuangan Lia dalam mewujudkan janjinya. Dalam pementasan ini, Lia menampilkan kreativitasnya untuk menarik perhatian generasi muda agar lebih mengenal, mencintai, dan melestarikan budaya Betawi.

1 2

Iklan