Ternyata, Resep Asli Daerah Bisa Jaga Kelestarian Lingkungan

Amanda Katili (Foto The Climate Reality Project)

JAKARTA, Makansedap.id – Pembina Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, Amanda Katili mengatakan proyek Pusaka Rasa Nusantara dengan melestarikan resep asli tradisional Indonesia, bisa memenuhi 17 tujuan pembangunan berkelanjutan yakni mengurangi kemiskinan, melindungi lingkungan dan mengurangi kesenjangan.

“Kalau definisi sustainability development atau pembangunan berkelanjutan adalah memenuhi kebutuhan masa kini tanpa melupakan kebutuhan generasi mendatang. Jadi, semua dikumpulkan, masa depan akan mendapatkan legacy atau warisan dari generasi sebelumnya, termasuk melestarikan resep asli tradisional,” ucap Amanda Katili di sela Festival Merayakan Gastronomi Indonesia di Jakarta, melalui keterangan resmi yang dibaca Makansedap.id, Rabu, 30 Januari 2024.

Di berbagai belahan dunia, kata Amanda Katili, kampanye tentang makan dari sumber yang ada di lingkungan sekitar, makanan organik, farm to table atau dipanen langsung diolah, locavore atau orang yang makan produk yang berasal dari lingkungan sekitar, dan lain sebagainya sedang mendapatkan perhatian yang serius. Budaya gastronomi Indonesia sudah sejak dahulu mempraktikkan cara tersebut. Karena itu, resep asli tradisional harus dilestarikan.

Baca Juga:   Plaza Indonesia Usung Tema 9 Naga dan Sang Raja

Sayangnya, dalam era saat ini, Amanda Katili mengatakan, resep asli masakan tradisional sudah jauh tertinggal karena tidak ada yang menurunkan tradisi gastronomi tersebut atau orang yang mengetahui resepnya sudah meninggal.

Festival Merayakan Gastronomi Indonesia dibuat untuk melestarikan resep asli Indonesia dalam berbagai bentuk dokumentasi seperti buku atau video agar generasi saat ini masih bisa mengenal budaya serta sejarah makanan tradisional Indonesia. (rw)

Baca Berita Lainnya di GOOGLE NEWS

Iklan