Tips Mengalihkan Anak agar Tidak Mencoret Tembok

Gambar telapak anak di tembok (Foto The Walrus),jpg

JAKARTA, Makansedap.id – Animator Indonesia sekaligus HelloMotion Academy, Wahyu Aditya memberikan tips agar anak-anak tidak mencoret tembok. Salah satunya adalah mengalihkan perhatian anak.

“Orang tua harus memberikan ruang kepada anak-anak untuk bebas berekspresi dengan tidak memarahi ketika mereka mencoret tembok. Solusinya, mereka diarahkan ke media gambar yang murah seperti kertas dan alat gambar yang ada, misalnya krayon dan spidol,” kata Wahyu Aditya yang akrab dipanggil Wadit dalam acara Festival Menggambar Nasional 2023 di Jakarta, Minggu, 22 Oktober 2023.

Sebagai penggerak di bidang animasi dan kreativitas Indonesia, Wahyu Aditya percaya setiap imajinasi merupakan sebuah ide yang perlu dikembangkan dengan kreativitas agar nantinya dapat menjadi suatu kenyataan. Jadi, anak dibebaskan untuk mencoret tembok.

Baca Juga:   Ini Alasan Pasien Operasi Jantung Dilarang Angkat Beban Berat

Pada masa usia anak 2-3 tahun, anak sering berekspresi dengan gambar atau mencoret tembok. Hal ini, kata Wahyu Aditya, merupakan perwujudan dari asal usul nenek moyang yang dulu berkomunikasi lewat gambar.

Sehingga, menggambar bisa menjadi salah satu bentuk mengekspresikan diri, dan tugas orang tua untuk membangun kembali seni yang ada pada diri anak.

1 2

Iklan