JAKARTA, Makansedap.idExecutive Chef Aprez Café, Stefu Santoso memberikan tips mengolah daging untuk dibuat menjadi steak.

Stefu Santoso menyarankan agar tidak hanya memilih bagian daging sapi seperti sirloin atau tenderloin untuk memasak steak di rumah.

“Kalau saya pasti akan melihat dari sisi merek terlebih dahulu. Sebab, hal itu akan berpengaruh ke dagingnya. Jadi, sebelum membeli, bertanya ke tukangnya di super market, mereknya apa. Biasanya mereka tahu,” kata Stefu Santoso saat dijumpai di Jakarta, Kamis, 15 Juni 2023 malam.

Pemilihan merek akan berpengaruh terhadap tingkat keempukan, tingkat juicy daging, dan lain sebagainya. Sebab, setiap merek daging memiliki metode perawatan sapi yang berbeda-beda sehingga hal tersebut pun akan berpengaruh terhadap tekstur dan kualitas daging.

Baca Juga:   Resep Gluten Free Cake, Lembut dan Mudah Lenyap di Mulut

Stefu Santoso juga menganjurkan agar melakukan teknik masak daging yang benar agar steak terasa lebih enak. Teknik memasak steak yang baik adalah dengan memanaskan pemanggang terlebih dahulu sebelum meletakkan daging tersebut di atasnya. Jika pemanggang belum panas, daging akan lengket sehingga sulit untuk dibalik.

Selain itu, Stefu Santoso juga tidak menyarankan untuk menambah terlalu banyak mentega ke pemanggang agar daging tidak lengket. Sebab, cara itu bisa juga mengakibatkan daging cepat hangus karena api akan bertambah besar dengan adanya mentega.

Cara yang paling tepat adalah dengan memastikan pemanggang sudah benar-benar panas sebelum memanggang daging steak. Selain tidak lengket, pemanggang yang panas juga akan membuat daging cepat matang. (M1)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan