JAKARTA, Makansedap.id – Kue semprit keju kerap menjadi kue dambaan semua orang. Rasanya yang renyah, gurih, dan lumer di mulut menjadi ciri khas yang membuatnya tak bisa ditinggalkan.

“Kue semprit keju mudah dibuat. Resep kue semprit keju ini sangat sederhana, tidak perlu banyak bahan dan mudah dibuat oleh pemula dengan risiko gagal yang kecil. Aku biasanya menggunakan butter dari Anchor untuk meningkatkan cita rasa kue semprit keju yang lebih lezat. Anchor butter ini paling pas digunakan dalam memanggang kue sehingga tekstur dan rasa kue kering bisa lebih konsisten,” ujar Chef Devina Hermawan dalam keterangan resmi, Senin, 19 Juni 2023.

Satu hal lain yang menjadikan kue semprit keju lebih khas adalah penggunaan keju yang tepat dalam memasak.​​Taburan keju di atasnya akan menjadi lebih sempurna ketika menggunakan keju cheddar sehingga menambah rasa gurih kue semprit keju.

“Untuk taburannya, aku pakai keju blok cheddar Anchor yang diparut lembut. Rasa keju dari Anchor ini lebih gurih dan milky jadi akan menghasilkan cita rasa yang lebih kaya dalam waktu singkat,” tambah Chef Devina.

“Melalui resep kue semprit keju yang mudah, sederhana, dan anti gagal ini. Semoga para homecooks yang ingin mencoba bisa berhasil menyuguhkan kue kering ini,” tambah Chef Devina.

Baca Juga:   Angelina, Referensi Kamus Kuliner Lokasi Minum Teh

Langkah Pembuatan

Proses pembuatan kue semprit keju, kata Chef Devina, tergolong mudah. Pertama, memasukkan Anchor Unsalted Butter, Anchor Tinned Butter dan gula halus ke dalam mangkuk. Kemudian, kocok hingga pucat dan mengembang.

“Tambahkan garam dan perisa vanila, lalu kocok sesaat. Kemudian, masukkan telur dan perisa vanila, kocok hingga menyatu,” jelas Chef Devina.

Setelah, memasukkan tepung terigu, maizena dan susu bubuk sambil disaring, aduk dengan spatula. Parut Anchor Cheddar Blok lalu masukkan ke dalam adonan. Aduk rata dengan spatula.

“Setelah itu, masukkan ke dalam plastik segitiga. Siapkan spuit yang dimasukkan ke dalam plastik segitiga, lalu masukkan adonan, semprotkan ke dalam loyang yang sudah di alasi baking paper,” jelas Chef Devina.

Tambahkan topping keju di atasnya kemudian panggang di suhu 125 derajat celcius selama 40-50 menit. Kue semprit keju siap dihidangkan. (M1)

 

Bahan 

100 gr tinned Anchor tinned butter (suhu ruang)

100 gr Anchor Unsalted Butter (suhu ruang)

¾ sdt perisa vanila

​​⅓ sdt garam​

115 gr gula halus

1 butir telur

30 gr maizena

15 gr susu bubuk

220 gr tepung terigu protein sedang

1 sdt baking powder

70 gr Anchor Cheddar Blok

 

Topping

Anchor Cheddar Blok, parut

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan