Tornado Egg dan Omurice, Inspirasi Sarapan Sehat Anak

Tornado Egg (Foto Have Halal Will Travel)

JAKARTA, makansedap.id – Asupan nutrisi yang seimbang sangat penting bagi kesehatan dan tumbuh kembang anak. Seorang ibu harus menyediakan sarapan pagi yang bergizi untuk anaknya. Contohnya, adalah Tornado Egg dan Omurice.

Salah satu yang dapat menjadi sumber energi bagi anak saat memulai hari ialah sarapan pagi yang bergizi dan penuh nutrisi. Sebab, dengan adanya nutrisi baik di pagi hari dapat membantu anak dalam menunjang aktivitasnya sepanjang hari. Tornado Egg dan Omurice merupakan jenis sarapan bergizi yang mudah dibuat.

Nutritionist Upfield Indonesia, Yulaika Widhiastuti dalam keterangannya mengatakan sejak berada dalam kandungan, bayi sudah membutuhkan asupan gizi terbaik dari ibu dan berlangsung hingga dewasa, termasuk mengonsumsi sarapan yang bergizi.

“Gizi seimbang adalah kunci memberikan asupan tersebut. Ada beberapa zat gizi yang dibutuhkan seperti Omega 3 & 6, Vitamin A & E dan beberapa nutrien lainnya. Asupan omega 3 & 6 yang cukup akan membantu tumbuh kembang anak yang baik, sedangkan kecukupan vitamin A & E, akan membantu pembentukan daya tahan tubuh selama dibarengi dengan asupan gizi seimbang,” kata Yulaika dalam keterangan resmi, Rabu, 16 November 2022.

Di sisi lain, Data dari Survei Diet Total (SDT) Badan Litbangkes Kementerian Kesehatan RI tahun 2020 menyatakan, 66,8% anak sarapan dengan kualitas gizi rendah atau belum terpenuhi kebutuhan gizinya terutama asupan vitamin dan mineral. Bahkan, 27% anak-anak berangkat ke sekolah dalam perut kosong.

Terdapat berbagai makanan pokok yang dapat dijadikan sebagai asupan nutrisi untuk sarapan yang bergizi. Dua bahan makanan yang paling sering dikonsumsi dan mudah ditemukan adalah nasi dan telur.

Nasi mengandung hingga 130 kalori dalam setiap 100 gramnya dan 53 gram karbohidrat. Dengan kandungan ini, mampu memberikan energi bagi tubuh.

Sementara, telur memiliki kandungan gizi, mulai dari sumber protein, vitamin B2, B6, B12, dan selenium juga membantu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Berikut inspirasi resep sarapan sehat dan bernutrisi yang dapat menjadi pilihan Ibu saat menyiapkan sarapan di pagi hari dengan sangat praktis, di antaranya, telur tornado ala Korea, tornado egg.

Baca Juga:   Chef Norman Bagikan Tips Menyimpan Sayuran di Lemari Pendingin

Inspirasi resep nasi dan telur lainnya yang juga dapat mengunggah selera anak, Tornado egg. Ibu dapat menyiapkan nasi dan telur dengan tampilan yang lebih menarik ditambah dengan cita rasa margarin Blue Band yang menambah rasa gurih dalam masakan. Ibu juga dapat memberikan pugasan lainnya seperti sosis/sayuran kesukaan anak.

Kedua, French omelette. Menu ini sering dijadikan favorit untuk memulai pagi. Ibu bisa menambahkan sayuran kesukaan si kecil di dalamnya, seperti contohnya wortel.

“Ibu bisa menggunakan Blue Band sebagai pengganti minyak untuk menggoreng telur. Kandungan Omega 3 dan 6 serta diperkaya vitamin dan mineral pada margarin Blue Band penting untuk nutrisi esensial bagi pertumbuhan fisik dan mental,” kata Yulaika.

Ketiga, Omurice. Menu makanan ini cukup identik dengan sarapan, paduan nasi dan telur yang lezat dapat menambah nafsu makan anak. Cara memasaknya yang sederhana juga dapat menjadi pilihan Ibu saat tidak memiliki banyak waktu untuk memasak sarapan.

Sebagai variasi Ibu juga dapat menambahkan daging ayam/sosis dan sayur-sayuran seperti kacang polong atau jagung. Menggunakan margarin Blue Band yang mengandung vitamin A dan E dapat menjadi sumber gizi harian untuk anak.

Ajakan untuk menyiapkan sarapan bernutrisi bagi si kecil merupakan bagian dari misi Blue Band dalam meningkatkan kesadaran orang tua akan pentingnya manfaat sarapan bernutrisi bagi anak.

Blue Band mendorong inisiasi edukasi sarapan bernutrisi setiap pagi ke 350.000 anak Indonesia dan lebih dari 1.500 sekolah SD pada 2022, yang didukung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, & Teknologi RI dan Kementerian Kesehatan RI. Edukasi mengenai sarapan ini dilakukan kepada anak, orang tua dan guru dalam menyiapkan kebutuhan nutrisi bagi anak.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan