Tradisi Dandangan Jadi Destinasi Wisata Halal di Kudus

Tradisi Dandangan Kudus (Foto Radar Kudus Jawa Pos)

KUDUS, Makansedap.id – Tradisi Dandangan semakin memperkuat destinasi wisata halal di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Tradisi Dandangan digelar dalam rangka menyambut Ramadan. Tradisi Dandangan yang dimeriahkan dengan pasar malam digagas sebagai destinasi wisata halal atau halal tourism.

“Tradisi Dandangan menjadi momen tepat untuk mempromosikan tradisi Dandangan Kudus sebagai salah satu destinasi wisata halal,” kata Pejabat Bupati Kudus, Muhamad Hasan Chabibie didampingi Plt Sekda Kudus Revlisianto, Plt Kepala Dinas Perdagangan Kudus Andi Imam Santoso di sela konferensi pers di Pendopo Pringgitan Kabupaten Kudus, Rabu, 28 Februari 2024.

Dengan demikian, kata Muhamad Hasan Chabibie, umat muslim yang berkunjung ke Kudus untuk melihat secara langsung tradisi dandangan yang usianya sudah ratusan tahun ini, dilengkapi dengan fasilitas yang digunakan untuk mereka.

Baca Juga:   Guleni Coffee and Resto Ungkap Rahasia Membuat Bakso

Antara lain, tersedia tempat untuk Salat, tempat wudu, ada penunjuk arah kiblat di tempat penginapan, dan tersedianya aneka makanan yang dijajakan di pasar malam dandangan yang higienis serta halal.

“Kami ingin memberikan kepastian bahan makanan yang dijual pada acara tradisi dandangan merupakan makanan halal. Jangan sampai ternoda adanya makanan tidak halal,” ujar Muhamad Hasan Chabibie.

Tradisi dandangan yang tercatat sebagai warisan budaya tak benda di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Pemkab Kudus mulai menonjolkan tradisi dandangan dengan pertunjukan budaya.

1 2

Iklan