Kuliner Jadul Ramaikan Solo Legend Culinary

Jenang Clorot Khas Purworejo (Foto Jateng Kita

SOLO, Makansedap.id – Sejumlah makanan jadul meramaikan Solo Legend Culinary atau Festival Kuliner Legendaris Solo, di Surakarta, Jawa Tengah, Kamis, 29 Februari 2024 hingga Minggu, 3 Maret 2024. Solo Legend Culinary menjadi referensi kamus kuliner.

Ketua Penyelenggara Solo Legend Culinary, Daryono, di Surakarta, mengatakan, beberapa jenis kuliner jadul akan tersedia selama festival itu berlangsung, di antaranya jenang clorot khas Purworejo, bothok patin khas Sragen, cabuk ireng khas Klaten, dawet dari Boyolali, ampo dari Tuban, dan kepala manyung dari Pati yang menjadi referensi kamus kuliner.

“Selain itu akan ada juga makanan besengek, tempe koro khas Kabupaten Wonogiri. Total stan kuliner dalam Solo Legend Culinary ada sekitar 60,” kata Daryono dalam keterangan resmi yang dibaca Makansedap.id, Kamis, 29 Februari 2024.

Baca Juga:   Resep Sambal Kaluku, Kolaborasi Cabai, Kelapa Muda, dan Ikan Gabus

Dalam Solo Legend Culinary, kata Daryono, juga dilengkapi dapur tempo dulu dengan perlengkapan masak tradisional, salah satunya menggunakan bahan bakar kayu.

“Nanti dapur itu akan membuat makanan kudapan tradisional jadul yang menjadi referensi kamus kuliner,” jelas Daryono.

Makanan-makanan legendaris itu, menurut Daryono, sengaja ditampilkan agar dapat tetap eksis sekaligus menjadi referensi kamus kuliner.

1 2

Iklan