Beranda Gaya Hidup Ini Pentingnya Skrining Diabetes pada Usia 30 Tahun
Gaya Hidup

Ini Pentingnya Skrining Diabetes pada Usia 30 Tahun

Skrining diabetes (Foto Sari Asih

JAKARTA, Makansedap.id – Dokter spesialis penyakit dalam divisi Endokrin, Metabolik dan Diabetes RS Cipto Mangunkusumo Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dr Farid Kurniawan, SpPD, PhD mengatakan, skrining diabetes bisa dimulai sejak usia 30 tahun. Apalagi, jika memiliki faktor risiko dari keluarga seperti orang tua atau saudara kandung.

“Secara umum, pada usia 30 tahun, kita dianjurkan skrining diabetes, cek gula darah. Nanti kalau didapatkan hasil gula darahnya di luar batas normal, kami akan konfirmasi dengan beberapa pemeriksaan,” ucap dr Farid dalam diskusi kesehatan tentang diabetes di Jakarta, Minggu, 12 November 2023.

Baca Juga:   Kiprah Raden Ajeng Kartini Merawat Kuliner Lokal

Skrining diabetes, kata dr Farid, bisa dilakukan juga pada orang yang memiliki berat badan berlebihan, darah tinggi dan mempunyai kebiasaan merokok.

Sebab, usia paling banyak menderita diabetes biasanya di atas 40 tahun, atau usia pertengahan antara 30 sampai 60 tahun. Untuk itu, skrining diabetes perlu dilakukan untuk menciptakan kesadaran walaupun pada usia muda belum tentu terbebas dari diabetes.

Halaman: 1 2 3 4
Sebelumnya

Hadapi Panama, Bima Sakti Pertahankan Komposisi Timnas U17

Selanjutnya

Dua Kemenangan Jadi Harga Mati untuk Timnas U17 Brasil

makansedap.id