JAKARTA, Makansedap.id – Pengolahan kopi tubruk secara mudah dikenal masyarakat dengan menyeduh bubuk kopi dengan air panas. Teknik itu kerap digolongkan sebagai teknik tradisional, namun sebenarnya sudah memenuhi standar internasional.

Dalam standar pengolahan kopi tubruk standar internasional, teknik itu dikenal dengan nama cupping yang digunakan untuk mengenal karakteristik dan rasa asli dari sebuah biji kopi.

“Kami ingin kawan-kawan yang hanya bisa menyeduh kopi tubruk juga bisa eksis, tidak kalah dengan kedai-kedai yang mengandalkan alat espresso. Harapannya, pemilik kedai-kedai kopi tradisional tidak lagi minder dengan kopinya dan bisa percaya diri,” ujar Program Director Indonesia Coffee Summit atau ICS, Jay Wijayanto dalam keterangan resmi di Jakarta, Kamis, 12 Oktober 2023.

Baca Juga:   Konsep Nonton Misbar Ajak Penonton Makin Dekat dengan Film Berkualitas

Indonesia Coffee Summit, kata Jay Wijayanto, pada tahun ini menggelar kompetisi yang terbilang unik. Sebab, acara itu untuk kali pertama akan menghadirkan kompetisi pengolahan kopi tubruk berstandar khusus di dunia.

Menurut Jay Wijayanto, sistem pengolahan kopi tubruk dipilih untuk dipertandingkan dalam Indonesia Coffee Summit 2023. Sebab, sistem pengolahan kopi tubruk menjadi salah satu ciri khas pengolahan kopi nusantara.

Jay Wijayanto, salah seorang prosesor kopi di Indonesia, mengatakan, kompetisi pengolahan kopi tubruk berstandar internasional tersebut menarik karena dapat memberikan panggung kepada para pengolah kopi dari kedai-kedai kopi tradisional nusantara tanpa menggunakan alat-alat modern.

1 2

Iklan