JAKARTA, Makansedap.id – Dokter Spesialis Kandungan dan Kebidanan dr Boy Abidin, Sp.OG (K) mengatakan, ibu hamil yang sudah mengalami stunting dapat melahirkan bayi sehat bebas stunting dengan menerapkan 10 langkah pencegahan stunting di seribu hari pertama kehidupan sang bayi.

“Kalau ibu hamil sudah terlanjur mengalami stunting, bukan berarti akan berhenti di situ. Kita bisa memutus mata rantainya. Jangan sampai generasi berikutnya stunting lagi,” kata dr Boy Abidin di sela acara bincang-bincang di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan, Selasa, 6 Februari 2024.

Menurut dr Boy Abidin, ibu hamil perlu diedukasi supaya dia bisa menyiapkan generasi berikutnya dengan lebih baik. Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis, terutama pada seribu hari pertama kehidupan. Kondisi ini dapat menyebabkan hambatan perkembangan kognitif dan motorik, penurunan kapasitas intelektual, dan meningkatkan risiko penyakit tidak menular di masa depan.

Baca Juga:   Tiga Atlet Kano Indonesia Berebut Tiket Olimpiade lewat ACC

Oleh karena itu, seorang ibu hamil perlu menerapkan 10 langkah pencegahan stunting, di samping pemenuhan asupan gizi seimbang untuk anaknya supaya mereka dapat tumbuh dengan baik dan sehat.

1 2 3

Iklan