JAKARTA, makansedap.id – Jalan-jalan ke Cirebon, Jawa Barat, jangan lupa untuk wisata kuliner. Ada menu khas Cirebon yang patut dicicipi, yaitu nasi lengko. Tapi, jangan khawatir, nasi lengko juga bisa dibuat di rumah.

Nasi lengko, salah satu dari wisata kuliner yang paling banyak dicari para wisatawan ketika sedang berkunjung ke Cirebon.

Nasi lengko atau biasa disebut dengan sega lengko adalah makanan khas asli Cirebon, Jawa Barat. Nasi lengko disajikan dengan menu tambahan tahu, tempe, mentimun, taoge, dan daun kucai.

Seperti dilansir dari Ebook Resep Masakan Tradisional Nusantara Jilid I, nasi lengko juga dikenal oleh sebagian masyarakat pesisir pantai utara Jawa seperti Tegal, Brebes, Kuningan, Majalengka, dan Indramayu. Namun, masing-masing daerah memiliki ciri khas tersendiri dalam hal penyajiannya.

Misalnya, di Indramayu. Nasi lengko disajikan tanpa daun kucai. Sementara, di daerah Brebes dan Tegal, nasi lengko disajikan menggunakan kerupuk mie sebagai pengganti kerupuk putih.

Nasi lengko ini adalah makanan sehat yang kaya akan kalori. Selain itu, rasa khas yang dihasilkan dari bumbu kacang, serta harga yang terjangkau membuat kuliner ini sangat diminati oleh banyak kalangan.

Nah, sobat Makan Sedap yang rindu mencicipi nasi lengko tidak perlu melancong jauh-jauh ke Cirebon. Nasi lengko Cirebon ternyata dapat dibuat sendiri di rumah.

Baca Juga:   Dian Sastro Ungkap Pentingnya Dukungan untuk Anak Perempuan

Proses Pembuatan

Sobat Makan Sedap hanya cukup menyiapkan bahan-bahannya, yaitu enam piring nasi putih, ½ kg taoge rebus, tempe, tahu kuning, daun kucai, kacang tanah yang telah digoreng, 5 buah cabe rawit, 5 buah cabe merah, bawang putih sesuai selera, asam jawa, gula jawa, dan kecap manis secukupnya.

Pertama-tama, sobat Makan Sedap terlebih dahulu membuat bumbu sambal kacangnya. Kacang yang telah digoreng dihaluskan bersama cabe rawit dan cabe merah. Kemudian, ditambahkan bawang putih, garam, gula jawa dan asam jawa.

Setelah campuran bumbu kacang tadi sudah dihaluskan semua, sekarang giliran membuat nasi lengko. Sobat Makan Sedap mengambil nasi putih yang sudah disiapkan, dan diletakkan di atas piring. Kemudian, menaburkan taoge yang telah direbus matang dan daun kucai di atas nasi tersebut. Setelah itu, menambahkan irisan tempe yang telah dipotong berbentuk dadu berukuran 1×1 cm. Terakhir, mengguyur nasi lengko dengan sambal kacang, dan kecap manis.

Hidangan nasi lengko Cirebon yang sedap ini siap dihidangkan dengan minuman segar seperti segelas es teh manis, es teh tawar, atau es jeruk. (M2)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan