Ini Cara Memilih Bahan Makanan Sehat dengan Prinsip Gizi Seimbang

Makanan sehat merupakan makanan yang memenuhi prinsip gizi seimbang, yaitu jenis bahan makanan dan jumlah zat gizinya beragam dan saling melengkapi. Kunci dari makanan sehat adalah pemilihan bahan baku yang berkualitas. (Foto Depositphotos)

JAKARTA, makansedap.id – Makanan sehat merupakan makanan yang memenuhi prinsip gizi seimbang, yaitu jenis bahan makanan dan jumlah zat gizinya beragam dan saling melengkapi. Kunci dari makanan sehat adalah pemilihan bahan baku yang berkualitas.

Seperti dilansir dari siaran pers Kobe, Jumat, 9 Desember 2022, berikut ini ada beberapa tip memilih bahan makanan sehat sebelum mengolahnya menjadi santapan harian yang memenuhi prinsip gizi seimbang untuk keluarga.

Pertama, makanan sehat daging sapi dan daging ayam untuk melengkapi prinsip gizi seimbang. Kondisi daging sapi yang segar umumnya ditandai dengan warna merah segar pada permukaannya. Sementara untuk ayam, pilihlah yang kulitnya berwarna lebih pucat dari bagian dagingnya.

Perhatikan juga teksturnya. Daging sapi dan daging ayam berkualitas memiliki tekstur yang elastis dan tidak terlalu keras ataupun lembek.

Selain itu, pilih juga yang memiliki aroma khas dari masing-masing bahan makanan dan tidak berlendir. Pastikan tidak memilih daging sapi maupun daging ayam yang memiliki bercak kebiruan.

Kedua, ikan. Anda harus memilih ikan dengan kulit yang masih terlihat segar dan berwarna cerah, serta bola mata yang masih menonjol atau tidak cekung ke dalam.

Baca Juga:   Ini Alasan Pelayanan Kesehatan Mental bagi Korban Kekerasan Perlu Ditingkatkan

Selain itu, pastikan tekstur ikan yang akan diolah masih terasa kenyal dan tidak lembek. Cobalah juga untuk mencubit atau menekan permukaan tubuh ikan. Jika terdapat bekas jari dan daging ikan kembali ke bentuk semula, itu berarti ikan tersebut masih segar.

Ketiga, sayur dan buah. Sayuran segar umumnya ditandai dengan warnanya yang masih segar dan tidak layu. Sementara, untuk buah, pilihlah yang masih terlihat utuh, tidak kusam, dan tidak keriput. Dalam memilih sayur dan buah, pastikan juga Anda memilih yang bebas dari pupuk anorganik ataupun pestisida.

Keempat, bumbu dapur. Selain bahan baku utama, bumbu dapur juga harus Anda perhatikan. Misalnya, untuk tepung bumbu, usahakan pilih yang tidak memiliki kandungan monosodium glutamate (MSG).

Sebab, konsumsi MSG dalam jumlah berlebih akan menimbulkan efek samping. Dengan memilih produk tanpa MSG seperti Kobe Tepung Bumbu Serba Guna Premium, otomatis konsumsi harian MSG Anda akan lebih terkendali dan menjadikan makanan Anda menjadi lebih sehat. Selain tanpa MSG, Kobe Tepung Bumbu Serbaguna Premium juga merupakan produk yang kaya akan kandungan vitamin.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan