JAKARTA, Makansedap.idChef asal Jepang, Hideki Fujiwara mengatakan, Kakiage merupakan salah satu referensi kamus kuliner makanan Jepang.

Kakiage, referensi kamus kuliner Jepang, adalah aneka potongan sayuran yang dicampur dalam adonan tepung. Lalu, adonan itu digoreng hingga renyah khas Jepang. Salah satu cara melihat makanan itu sudah matang atau belum bisa terlihat dari gelembung minyak yang tampak kecil di penggorengan.

“Gelembung-gelembungnya kecil kalau sudah matang. Saat dimasukkan besar. Kalau gelembungnya sudah kecil berarti dalamnya sudah matang. Kalau besar gelembungnya masih mentah,” kata Hideki Fujiwara di Jakarta, Kamis, 7 Desember 2023. Kakiage menjadi referensi kamus kuliner makanan Jepang.

Hideki Fujiwara membuat hidangan kakiage, referensi kamus kuliner, dari bahan-bahan seperti bawang bombay yang sudah diris-iris, jamur, buncis dan udang. Dia lalu mencampur semua bahan itu dengan sedikit tepung.

Baca Juga:   Begini Cara Menikmati Durian Lokal di Purworejo

Proses Pembuatan

Selanjutnya, Hideki Fujiwara menyiapkan adonan tepung yang sudah dicairkan dalam sebuah wadah. Tekstur tepung ini cenderung cair ketimbang adonan tepung untuk gorengan pada umumnya. Menu Kakiage menjadi referensi kamus kuliner.

“Tempura itu lebih cair adonan tepungnya. Tipis nanti kulitnya dan renyah,” ujar Hideki Fujiwara.

Ke dalam adonan tepung ini hanya ditambahkan telur dan air, tanpa penyedap rasa. Selanjutnya, mencampurkan adonan tepung dengan adonan sayuran yang sudah disiapkan sebelumnya dan aduk hingga rata. Setelah rata, masukkan adonan ke dalam wajan berisi minyak yang sudah panas lalu goreng hingga gelembung minyak tampak kecil.

1 2

Iklan