JAKARTA, Makansedap.id – Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal BMJ Global Health mengungkapkan, mengganti konsumsi daging merah dengan ikan umpan seperti sarden, herring hingga teri dapat menekan 750 ribu angka kematian setiap tahunnya pada 2050.

Seperti dilansir dari Medical Daily, Sabtu, 13 April 2024, penelitian tersebut juga menemukan, konsumsi ketiga ikan itu berpotensi menurunkan potensi kecacatan yang disebabkan oleh penyakit yang berkaitan dengan pola makan.

Di sisi lain, konsumsi daging merah dan daging olahan terbukti dapat meningkatkan risiko penyakit tidak menular. Contohnya, ada stroke, penyakit jantung, diabetes, kanker usus dan penyakit arteri koroner.

Baca Juga:   Begini Cara Menghindari Obesitas Sejak Kecil

“Penyakit-penyakit ini menyumbang sekitar 70% kematian global pada 2019. Karena itu, ikan hijauan laut yang kaya akan asam lemak tak jenuh, mengandung Omega 3 atau DHA dan EPA, yang asupannya dapat mencegah penyakit jantung koroner, serta kaya akan kalsium dan vitamin B12. Mereka juga memiliki jejak karbon paling rendah dibandingkan sumber makanan hewani lainnya,” demikian penjelasan jurnal penelitian itu.

Namun saat ini, tiga perempat dari hasil tangkapan ikan hijauan digiling menjadi tepung ikan dan minyak ikan, produk yang sebagian besar digunakan untuk budidaya ikan, ditujukan untuk konsumen berpenghasilan tinggi.

1 2 3 4

Iklan