JAKARTA, Makansedap.id – Dietsien dari Instalasi Pelayanan Gizi RSCM, Sri Rejeki Wahyuningrum, SKM, RD mengatakan, pasien diabetes masih boleh mengonsumsi gula pasir asalkan jumlahnya maksimal 5% dari total kebutuhan kalori per hari.

“Gula pasir dalam satu hari itu sampai 5% dari total kebutuhan kalori, masih diperbolehkan. Itu biasanya kita menggunakannya untuk bumbu masakan, bukan untuk minum teh atau minum sirup,” kata Sri Rejeki Wahyuningrum dalam sebuah acara kesehatan yang digelar daring, Selasa, 21 November 2023.

Kemudian, menurut Sri Rejeki Wahyuningrum, bagi mereka yang ingin menyantap satu sendok madu yang sebenarnya termasuk karbohidrat sederhana, sebaiknya mengurangi asupan buah hariannya. Madu dan buah jauh lebih baik dibandingkan gula pasir.

Baca Juga:   Ingat, Air Susu Tidak Bisa Digantikan dengan Air Tajin

Menurut Sri Rejeki Wahyuningrum, satu sendok makan madu setara satu porsi buah. Oleh karena itu, dia menyarankan pasien diabetes mengurangi asupan buah hariannya dari semula empat sesuai rekomendasi menjadi tiga porsi sehari. Hal ini bisa mengurangi konsumsi gula pasir.

“Kalau minum manis ditambah gula pasir, hanya mendapatkan manis, kalau makan buah ada vitaminnya ada serat, dan serat dapat membantu menurunkan glukosa darah. Jadi lebih banyak zat gizi dibandingkan hanya minum minuman manis,” jelas Sri Rejeki Wahyuningrum.

1 2

Iklan