JAKARTA, makansedap.id – Penggemar makanan enak kini bisa berburu kuliner otentik Indonesia dalam Festival Jajanan Bango 2022 di Plaza Timur dan Parkir Timur GBK Senayan, Jakarta, 28-30 Oktober 2022. Pengunjung bisa menikmati 90 ragam kuliner legendaris yang siap disantap.

“Selama pandemi, kami hanya bisa melalui online. Semua pasti sudah pada rindu. Semoga Festival Jajanan Bango 2022 bisa mengobati kerinduan terhadap festival kuliner,” kata Direktur Nutrition PT Unilever Indonesia Tbk Amaryllis Esti Wijono dalam konferensi pers di Senayan, Jakarta, Jumat, 28 Oktober 2022.

Dalam Festival Jajanan Bango 2022, ada 90 penjaja kuliner legendaris dari berbagai wilayah nusantara. Sepuluh di antaranya merupakan penjaja kuliner yang dipilih langsung oleh masyarakat melalui gerakan #PejuangRasanyaIndonesia, dan tiga penjaja kuliner adalah rekanan dari Tokopedia selaku mitra pelaksana Festival Jajanan Bango 2022.

Selain itu, Festival Jajanan Bango 2022 juga menampilkan suguhan musik yang kental dengan warna tradisional serta kegiatan demo memasak.

Kekayaan ragam kuliner bangsa menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara dengan tradisi kuliner paling kaya di dunia. Namun, sayangnya, dari 3.259 ragam kuliner ragam kuliner otentik yang hingga kini terpantau, baru segelintir di antaranya yang dikenali oleh masyarakat luas.

Di tengah kefamiliaran terhadap ragam kuliner ikonik seperti nasi goreng, sate, soto, dan sambal, masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui bahwa negeri ini memiliki 104 jenis nasi goreng, 252 ragam sate, lebih dari 100 varian soto, hingga 322 macam sambal.

Begitu pula mengenai pengetahuan tentang kuliner khas daerah. Misalnya, kuliner Minang baru dikenal dengan Rendang, kuliner Palembang dengan Pempek, kuliner Yogyakarta dengan Gudeg, dan lain-lain.

Padahal, kuliner khas Minangkabau setidaknya tercatat ada 220 jenis, kuliner khas Palembang ada lebih dari 200 jenis, kuliner khas Yogyakarta ada lebih dari 192 jenis, dan seterusnya. Pengenalan yang masih minim ini tentunya menjadi tantangan bagi upaya pelestarian kuliner.

Dalam sambutannya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan, tercatat merupakan bentuk kolaborasi antara Kemenparekraf RI dan Unilever Indonesia melalui Bango yang turut memperkuat program Indonesia Spice Up the World dalam memperluas pemasaran produk bumbu rempah Indonesia. Kecap adalah salah satu bumbu yang menjadi ciri khas yang mempersatukan keragaman kuliner Indonesia.

“Tema Kenali Rasanya Indonesia yang diangkat dalam Festival Jajanan Bango 2022 kali ini diharapkan mampu merepresentasikan kekayaan ragam kuliner bangsa, yang menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara dengan tradisi kuliner paling kaya di dunia,” kata Sandiaga Uno.