Beranda Gaya Hidup Tenang, Cacar Monyet Jangan Terlalu Ditakuti
Gaya Hidup

Tenang, Cacar Monyet Jangan Terlalu Ditakuti

Cacar monyet (Foto Context)

JAKARTA, Makansedap.id – Ketua Satuan Tugas MPox Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia dr Hanny Nilasari, Sp.D.V.E., Subsp. Ven.,FINSDV, FAADV, mengatakan, cacar monyet tidak perlu terlalu ditakuti. Sebab, manifestasinya lebih ringan dengan mortalitas lebih kecil tetapi pencegahan tetap utama.

Cacar monyet atau dikenal sebagai monkey pox yang disingkat Mpox itu merupakan penyakit zoonosis yang disebabkan virus Monkeypox (MPXV), satu genus dengan virus Variola.

“Manifestasi klinis cacar monyet lebih ringan dan komplikasinya lebih jarang dan angka kematian lebih rendah, disebutkan beberapa literatur, angka kematian terkait Mpox generasi saat ini hanya kurang dari 0,1%,” kata Hanny dalam acara media terkait MPox yang digelar daring, Selasa, 7 November 2023.

Baca Juga:   Buka Konser Ed Sheeran, Calum Scott Teriakan Menyala Abangku

Menurut dr Hanny yang tergabung dalam Kelompok Staf Medis Dermatologi dan Venerologi di Rumah Sakit Dr. Cipto Mangunkusumo, cacar monyet lebih dari 90% ditularkan melalui kontak erat dan terutama kontak seksual sehingga menghindari kontak fisik dengan pasien terduga Mpox merupakan suatu hal yang diutamakan.

“Tidak menggunakan barang bersama misalnya handuk atau pakaian, atau perlengkapan tidur dan sebagainya. Smeua dilakukan untuk menghindari cacar monyet,” kata dr Hanny.

Halaman: 1 2
Sebelumnya

Zona KHAS, Referensi Kamus Kuliner di Pekanbaru

Selanjutnya

Sinopsis The Marvels, Perjalanan Sang Pemusnah Menebus Kesalahan

makansedap.id