JAKARTA, Makansedap.id – Warung tegal atau biasa disebut Warteg ternyata akan buka cabang di Amerika Serikat, Jerman, dan Timur Tengah.

“Jadi, Warteg ni akan ikut sertakan pada kegiatan ke luar negeri. Kami berharap pada kunjungan berikutnya Warteg ini bisa dibuka di New York, Jerman, dan banyak juga permintaan di Timur Tengah. Saat ini, kami sedang berusaha mem fasilitasi. Sebab, Tegal mempunyai semangat wirausaha yang tinggi,” ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dalam keterangan resmi, Minggu, 11 Juni 2023.

Sandiaga sedang mengupayakan Warteg bisa masuk ke pasar internasional/go international melalui program Spice Up The World (SUTW).

Kehadiran Warteg di luar negeri, kata Sandiaga, akan mempromosikan kuliner Tegal sekaligus membuka peluang usaha dan lapangan kerja bagi masyarakat Indonesia.

Baca Juga:   Ini Sop Buntut Legendaris Hadir di Pacific Place

Dalam kegiatan Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif di Pendopo Kantor Wali Kota Tegal, Sandiaga berharap, Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono segera melakukan uji petik Penilaian Mandiri Kabupaten Kota Kreatif (PMK3I) sehingga ada subsektor unggulan daerah yang terpilih dan berkembang, lalu bisa turut dalam program akselerasi.

Proses uji petik PMK3I merupakan upaya untuk memperkuat ekosistem ekonomi kreatif yang harus segera dilakukan. Tujuannya agar para pelaku ekonomi kreatif merasakan manfaat program.

“Kota Tegal bisa segera melakukan uji petik agar memiliki subsektor ekonomi kreatif unggulan dan subsektor penopang. Para pelaku UMKM di Tegal harus terus termotivasi untuk meningkatkan omzet dari usahanya. Mulai dari yang jamu, usaha kuliner termasuk Warteg hingga makanan olahan laut,” tutup Sandiaga. (M1)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan