Beranda Kuliner 1.200 Loyang Engkak Ketan Khas Lampung Guncang Festival Krakatau
Kuliner

1.200 Loyang Engkak Ketan Khas Lampung Guncang Festival Krakatau

Engkak Ketan (DOK iNews)

BANDAR LAMPUNG, Makansedap.id – Sebanyak 1.200 loyang kue tradisional Lampung engkak ketan mengguncang Festival Krakatau 2023setelah dibagikan kepada masyarakat.

“Bersama pemerintah daerah, para pengusaha tata boga di sini ingin mempopulerkan makanan khas Lampung khususnya kali ini adalah engkak ketan,” ujar Ketua Asosiasi Pengusaha Jasa Boga Indonesia (APJI) DPD Lampung, Yunnatan Wijaya, di Bandar Lampung, Sabtu, 8 Juli 2023.

Salah satu upaya untuk memperkenalkan kuliner tradisional engkak ketan Lampung itu, kata Yunnatan Wijaya, telah dilakukan dengan membuat kue tersebut secara bersamaan serta membagikannya kepada masyarakat saat pelaksanaan Festival Krakatau.

“Hari ini sudah dikumpulkan sebanyak 1.200 loyang engkak yang dibuat oleh UMKM dan akan dibagikan kepada masyarakat saat karnaval tupping Lampung. Jumlah engkak yang terkumpul ini melampaui target yang ditentukan sebelumnya sebesar 1.000 loyang kue,” kata dia.

Baca Juga:   Kolaborasi Prima Food dan Green Rebel Ciptakan Inovasi Kuliner

Dalam mempersiapkan 1.200 loyang engkak khas Lampung itu, telah dilatih sebanyak 350 orang UMKM untuk membuat kue tradisional tersebut.

“Peserta yang ikut serta adalah UMKM yang berasal dari 15 kabupaten dan kota. Sebab, engkak ini merupakan kue tradisional yang disajikan pada saat tertentu dengan cita rasa sangat manis telah dilakukan standardisasi rasa agar tidak terlalu manis dan bisa diterima oleh banyak orang,” tambahnya.

Dalam pelaksanaan pembuatan dan pembagian engkak tersebut, kata Yunnatan Wijaya, telah tercipta 10 kreasi baru rasa engkak yaitu engkak rasa kopi, pandan, durian, dan berbagai jenis lainnya.

“Selain memperkenalkan makanan tradisional Lampung juga bisa meningkatkan perekonomian serta kreativitas UMKM pembuat engkak ketan lokal untuk mengkreasikan produknya,” ujar Yunnatan Wijaya. (M1)

Sebelumnya

Makan Sedap Menu Nusantara Sambil Ditemani Harimau Sangar

Selanjutnya

Reza Rajasa Apresiasi Perkembangan Liga Golf Jakarta 2023

makansedap.id