JAKARTA, Makansedap.id – Ahli Gizi dari Universitas Gajah Mada, Esti Nurwanti mengatakan, selain memengaruhi penampilan fisik, obesitas juga dapat meningkatkan risiko terkena berbagai penyakit degeneratif  akibat  penurunan fungsi organ atau jaringan.

“Obesitas itu meningkatkan risiko untuk penyakit degeneratif baik itu diabetes, kanker, hipertensi dan sebagainya. Usia penderita penyakit diabetes semakin muda. Dahulu, usia penderita diabetes adalah 50 tahun. Saat ini, usia 20 tahun sudah menderita diabetes. Sebab, sejak kecil pola makannya tidak sehat, apalagi obesitas,” kata Esti Nurwanti usai gelar wicara di Jakarta, Senin, 19 Februari 2024.

Baca Juga:   Ini Ciri Seseorang Sembuh dari Trauma Masa Lalu

Oleh karena itu, menurut Esti Nurwanti, penting bagi orang tua mengambil langkah-langkah yang tepat untuk mencegah anak-anak dari obesitas, antara lain, penting untuk memastikan anak-anak mendapatkan gizi seimbang dari makanan yang dikonsumsi.

Asupan energi, protein, lemak, karbohidrat, serta vitamin dan mineral harus sesuai dengan kebutuhan tubuh anak. Hindari memberikan makanan manis berlebihan dan makanan berminyak, serta mengurangi konsumsi makanan cepat saji yang tinggi kalori dan lemak.

1 2

Iklan