JAKARTA, Makansedap.id – Rasa pedas dan segar sambal Dabu-dabu lilang selalu membuat orang ketagihan. Cara membuat sambal khas Manado ini juga gampang.

Dabu-dabu lilang biasanya selalu disajikan dengan ikan bakar, daging, dan sayur khas Manado.

Dalam Bahasa Manado, Dabu-dabu berarti sambal. Sedangkan, lilang, bermakna dipotong-potong. Arti sambal Dabu-dabu lilang adalah sambal yang dipotong-potong.

Di Manado terdapat beberapa macam jenis sambal Dabu-dabu, yaitu Dabu-dabu Bakar, Dabu-dabu Iris, Dabu-dabu lemong, dan Dabu-dabu Lilang. Semuanya bercirikan sama, yaitu segar dan pedas, hanya cara pengolahannya saja yang berbeda.

Proses pembuatan sambal Dabu-dabu lilang tidak sulit dan bisa dipraktikkan sendiri di rumah. Seperti dilansir dari Resep Masakan Tradisional Nusantara Jilid I, bahan-bahan untuk Dabu-dabu lilang adalah sepuluh buah cabai rawit merah, sepuluh buah cabai rawit hijau, lima siung bawang merah iris tipis, dua tomat merah, satu sdt gula pasir, air perasan dua jeruk lemon cui, serta daun kemangi.

Baca Juga:   Kamus Kuliner, Kelapa Jadi Minuman Favorit di Banh Mi Phoung

Pembuatannya adalah dengan mencampur potongan cabai rawit merah dan cabai rawit hijau, dengan bawang merah iris dan tomat, lalu menambahkan garam dan gula pasir. Diamkan sejenak dan tunggu sampai campuran bahan-bahan di atas mengeluarkan air, kemudian tuang air lemon cui dan beri daun kemangi, lalu aduk rata.

Tips untuk Sobat Makan Sedap, adalah harus jeli memilih bahan-bahan dalam kondisi segar. Kesegaran bahan baku akan semakin menonjolkan cita rasa Dabu-dabu lilang. Sebab, pembuatan Dabu-dabu lilang tanpa dimasak. (M2)

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan