JAKARTA, Makansedap.id – Cartel Lyma menyuguhkan menu daging barbecue gaya Texas di DKI Jakarta. Pencinta kuliner DKI Jakarta tidak perlu pergi jauh ke Texas, Amerika Serikat, untuk mencicipi barbecue gaya Texas.

Anak Jakarta kini bisa mencicipi menu barbecue gaya Texas yang terletak tidak jauh dari kawasan Blok M, tempat nongkrong anak muda Jakarta Selatan, khususnya. Makanan sedap mancanegara bisa dengan mudah ditemui di sana.

Tidak jauh dari kawasan Blok M, Lyma membuka restoran terbaru yang mereka beri nama Cartel Lyma, tetap dengan makanan andalan mereka, yakni barbecue gaya Texas, Amerika Serikat.

Sejak hadir di Ibukota beberapa tahun lalu, Cartel Lyma konsisten memperkenalkan olahan beef brisket atau biasa disebut daging sapi sandung lamur yang dimasak dengan cara diasapi, alias smoked brisket. Barbecue gaya Texas, daging sandung lamur itu biasanya hanya dibaluri garam dan merica, kemudian diasapi di dalam tong khusus barbecue yang disebut sebagai smoker.

“Meskipun bumbu minimalis, rasa yang dihasilkan tidak main-main. Disajikan dalam irisan tipis, brisket mengeluarkan jus daging sehingga menimbulkan rasa yang begitu berbekas, rasa gurih daging berpadu dengan sedikit aroma asap,” kata Ipam, salah seorang pemilik Lyma saat ditemui di Cartel Lyma Gandaria, Rabu, 5 Juli 2023.

Brisket yang disajikan pun sangat empuk, tidak perlu pisau dan garpu, pengunjung Cartel Lyma bisa mempreteli daging cukup dengan tangan kosong.

Baca Juga:   Kamus Kuliner, Kelapa Jadi Minuman Favorit di Banh Mi Phoung

Daging yang dimasak dengan cara smoked barbecue, memasak menggunakan api dan asap, biasanya memiliki karakteristik gosong di bagian luar. Sementara di bagian dalam masih terlihat merah muda yang lazim disebut sebagai smoke ring.

Proses Memasak

Meskipun smoke ring berwarna merah muda, daging brisket tetap matang. Proses masak brisket dengan metode barbecue memakan waktu yang sangat lama, antara 15 sampai 17 jam karena menggunakan indirect heat atau panas tidak langsung, sehingga menyebabkan bagian dalam daging tetap berwarna pink walaupun sudah matang.

Berbeda dengan steak atau sate yang dimasak langsung terkena api, bagian dalam yang berwarna merah muda mengindikasikan daging tidak matang 100%.

“Bagian merah muda itu tetap matang, itulah proses smoke ring,” kata Ipam.

Lain pula dengan daging yang dimasak langsung terkena api, bagian luar smoked brisket tidak terasa gosong walaupun bagian luarnya hitam.

Proses masak dengan cara barbecue sendiri pun perlu diapresiasi. Selain berlangsung hingga belasan jam, pit master atau orang yang memasak barbecue harus menjaga suhu api pada derajat tertentu supaya tidak mengganggu rasa dan tekstur daging. Pemilihan kayu bakar untuk memasak barbecue diyakini bisa memberikan rasa dan aroma tersendiri pada daging. (M1)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan