PROBOLINGGO, Makansedap.id – Festival Rujak Uleg yang melibatkan seluruh elemen masyarakat dan tokoh di Kelurahan Kebonsari Wetan bertujuan untuk mengembangkan kuliner tradisional di Kota Probolinggo, Jawa Timur.

“Festival Rujak Uleg menjadi ajang pengembangan dan penyaluran kreativitas warga, serta mengenalkan makanan olahan lokal untuk generasi muda berikutnya,” kata Lurah Kebonsari Wetan Andayani, Resmi Haryati dalam keterangan tertulis yang diterima di Probolinggo, Sabtu, 16 September 2023.

Bukan saja keanekaragaman budaya, Kota Probolinggo juga memiliki keanekaragaman kuliner yang khas. Selain terkenal dengan rujak erok-eroknya, Kota Mangga itu juga memiliki kekhasan dalam mengolah rujak, yakni rujak uleg.

“Rujak uleg yang biasa diisi dengan sayuran dan buah-buahan itu sangat digemari oleh sebagian besar masyarakat Jawa Timur, hal itu yang menjadi salah satu alasan diadakan festival itu pada Jumat, 15 September 2023,” kata Resmi Haryati.

Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Kota Probolinggo, Surya Darmawati yang hadir dalam Festival Rujak Uleg menyatakan kegembiraannya hadir di tengah-tengah warga Kebonsari Wetan.

Baca Juga:   Ini Hubungan Timbal Balik Antara Kuliner dan Alam

“Saya senang sekali ada acara Festival Rujak Uleg. Sebab, saya asli Madura. Di sana, rujak juga merupakan makanan khas dan terfavorit, sudah lama juga saya tidak pulang ke Madura, jadi acara itu seperti melepas rindu,” kata Surya Darmawati.

Festival Rujak Uleg merupakan langkah cerdas untuk menjawab tantangan makanan tradisional yang masih banyak diminati dan tidak lekang oleh zaman.

“Saya berharap Festival Rujak Uleg dapat memberikan manfaat kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan perekonomiannya. Semoga kegiatan itu bisa terus berkembang,” ujar Surya Darmawati.

Festival Rujak Uleg juga diharapkan dapat mendorong bisnis kuliner khas Kota Probolinggo untuk terus bertransformasi menjadi lebih baik dan maju, sehingga potensi-potensi ekonomi bisa bergerak dan kesejahteraan masyarakat akan meningkat. (M1)

Baca Berita Lainnya di GOOGLE NEWS

Iklan