Kamus Kuliner, Kebersihan Adalah Kunci dalam Memasak

Pentingnya menjaga kebersihan saat memasak (DOK Happy Family Organics)

JAKARTA, Makansedap.id – Kebersihan dan sanitasi adalah kunci dalam proses memasak. Bahkan, kebersihan saat memasak hal utama dalam kamus kuliner.

Dalam kamus kuliner, kebersihan harus dimulai dari hulu ke hilir dalam proses memasak.

Menurut praktisi dan konsultan bidang kuliner, Chef Yusuf mengatakan, kebersihan dimulai dari mencuci tangan sebelum memasak, dan penggunaan sarung tangan. Hal itu sudah menjadi budaya dalam kamus kuliner para chef.

Saat memasak, menurut Chef Yusuf, disarankan menggunakan cincin dan perhiasan di tangan. Tujuannya adalah untuk mencegah terjadinya kontaminasi pada bahan makanan yang sedang diolah.

Baca Juga:   Ini Getuk dan Jadah Tempe Versi Chef Jawel Husin

Kondisi kebersihan yang harus diperhatikan dalam kamus kuliner, kata Chef Yusuf, adalah lokasi dapur saat memasak dan masalah sanitasi.

“Selain bisa menghasilkan beragam produk olahan kuliner, pelaku UMKM kuliner juga harus mampu memahami tata cara memasak yang higienis,” ujar Chef Yusuf dalam keterangan resmi, Rabu, 2 Agustus 2023.

Materi kebersihan saat memasak diberikan Chef Yusuf di sela pelatihan diversifikasi produk kuliner dan sanitasi higienis bagi para pelaku UMKM di Desa Serdang Wetan Tangerang, Rabu, 2 Agustus 2023. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan produktivitas usaha kuliner yang digeluti. (M1)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan