Ini Penyebab Seseorang Terkena Anemia Aplastik

Ilustrasi Penderita Anemia Aplastik Mematikan (Foto Yoona.id)

JAKARTA, Makansedap.id – Praktisi Kesehatan Masyarakat, dr Ngabila Salama menyatakan, anemia aplastik merupakan kondisi seseorang yang mengalami kegagalan sumsum tulang belakang untuk mereproduksi tiga jenis sel.

“Penyebab kegagalan sumsum tulang belakang mereproduksi tiga sel yaitu meliputi sel darah merah atau eritrosit, sel darah putih atau leukosit dan keping darah atau trombosit,” kata dr Ngabila Salama kepada Antara melalui pesan singkat di Jakarta, Selasa, 9 April 2024.

Menurut dr Ngabila Salama, Kasie Pelayanan Medik dan Keperawatan RSUD Tamansari Jakarta itu, ada beberapa penyebab seseorang terkena anemia aplastik, di antaranya penyakit tersebut bisa didapat dari adanya keturunan genetik atau didapat selama hidup karena penyakit menular atau tidak menular, efek kemoterapi dan radioterapi pada kanker, autoimun, konsumsi obat-obatan atau zat kimia dan infeksi lainnya.

Baca Juga:   Begini Cara Puasa Ramadan untuk Turunkan Berat Badan

Namun, kata dr Ngabila Salama, potensi seseorang terkena anemia aplastik amat jarang.

“Kondisi ini sangat jarang, kurang dari 15.000 orang per tahunnya di Indonesia atau lima kasus per 100.000 penduduk sehingga sulit dikenali gejalanya,” ucap dr Ngabila Salama.

1 2 3

Iklan