JAKARTA, Makansedap.id – Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kementerian Kesehatan, dr Imran Prambudi mengatakan, penggunaan kondom bisa mencegah penyakit menular akibat hubungan seksual seperti HIV atau infeksi menular seksual, 80% hingga 90%.

“Dengan kondom bisa melakukan pencegahan HIV dan penyakit menular, 80% hingga 90%. Jadi efektifitasnya cukup tinggi asal digunakan secara benar, digunakan pada tempatnya,” kata dr Imran Prambudi dalam keterangan resmi soal edukasi alat kontrasepsi yang dibaca Makansedap.id, Rabu, 21 Februari 2024.

Penggunaan kondom, kata dr Imran Prambudi, bisa mengontrol penyakit menular seksual lainnya dan sebagai upaya untuk melindungi kesehatan reproduksi pria dan wanita.

Baca Juga:   Begini Cara Berinvestasi Emas dari HK Mustika Gold

Menurut data dari Kementerian Kesehatan, dr Imran Prambudi mengatakan, di Indonesia setiap bulannya ada 4 ribu kasus HIV baru akibat penyakit menular seksual. Hal itu karena masih banyak pria yang enggan memakai kondom sebagai alat kontrasepsi yang aman karena alasan tidak nyaman saat berhubungan.

Selain sebagai alat kontrasepsi, kondom juga sebagai alat pencegah kehamilan yang aman dan terbukti efektif sehingga bisa meningkatkan partisipasi masyarakat untuk program keluarga berencana atau KB.

Pihak swasta yang mau memberikan edukasi mengenai pentingnya menggunakan kondom, kata dr Imran Prambudi, perlu diapresiasi. Kondom sebagai alat kontrasepsi sangat bermanfaat untuk digunakan.

1 2

Iklan